Dibesarkan Secara Nasrani, Reza Rahadian Mualaf karena Ini

Tim detikhot - detikHot
Jumat, 09 Apr 2021 19:04 WIB
Reza Rahadian saat ditemui di kawasan Senayan.
Reza Rahadian cerita menjadi mualaf / Foto: Haikal Harlan/detikcom
Jakarta -

Reza Rahadian mengungkapkan transisi keyakinan yang ia alami dari Kristen ke Islam. Ada proses di balik keputusan Reza untuk berpindah agama.

Reza Rahadian mengaku dirinya dibesarkan dari keluarga pemeluk Nasrani. Ia akhirnya memutuskan memeluk Islam karena dirinya sampai pada titik di mana merasa menemukan dialog dengan Tuhan.

"Transisi gua bukan karena alasan apapun selain daripada keyakinan yang gua rasa itu adalah dialog gua dengan Tuhan," ungkap Reza di tayangan YouTube Daniel Mananta seperti dilihat detikcom, Jumat (9/4/2021).

Reza tumbuh dalam keluarga dengan keyakinan Nasrani yang kuat. Ia menceritakan bagaimana dirinya tak pernah melewatkan ibadah ke gereja tiap akhir pekan di masa kecil.

"Dibesarkan sebagai Nasrani, gue dari kecil sekolah Minggu. Glenn Fredly adalah salah satu guru sekolah Minggu gua di gereja waktu itu," kisah Reza.

Orang tuanya pun memasukkan Reza ke sekolah khusus agama Kristen hingga dirinya duduk di bangku SMP saat masih tinggal di Balikpapan.

Keputusannya memeluk Islam disebut Reza merupakan panggilan hati. Ia mengatakan, tak ada alasan lain saat dirinya memutuskan untuk menjadi mualaf.

"Begitu gue meyakini, keyakinan yang memang panggilan gue ke sana (Islam) dan gue yakini, gue bersyukur itu bukan karena alasan apapun," ungkap Reza.

"Kerjaan bukan, pasangan lebih-lebih lagi bukan, atau paksaan dari orang sekitar, nggak sama sekali. Jadi itu komunikasi gue sama yang di Atas dan komunikasi dengan nyokap gua," kisah Reza lagi.

Aktor peraih piala Citra ini menuturkan, meski dirinya memutuskan memeluk agama yang berbeda, sang ibu menerimanya dengan lapang dada. Ia bahkan meminta Reza menjalani agama yang kini dipeluknya dengan penuh keyakinan.

"(Kata Mama), itu hak kamu untuk menentukan keyakinan kamu. Pesan Mama cuma satu, jalani itu dan yakini itu dengan baik. That's it," ucap Reza menirukan ucapan sang ibu.

Hingga kini, hubungan dengan ibunya tetap baik meski berbeda keyakinan. Reza mengatakan, meski menjalani keyakinan yang berbeda, hubungan mereka terjalin harmonis satu sama lain.

"I let my mom celebrate Christmas or Paskah. Mau ada kebaktian di rumah, di tempat gue salat, di situ nyokap gue juga bisa berdoa," ucap Reza.



Simak Video "Reza Rahadian Bahagia Bioskop Mulai Produktif Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/aay)