7 Hal Tentang Reza Rahadian, Sang Aktor dengan 1000 Wajah

Nanda Alifah - detikHot
Kamis, 11 Feb 2021 16:40 WIB
Reza Rahadian saat ditemui di Grand Hyatt.
Profil Reza Rahadian Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta -

Reza Rahadian Matulessy atau yang kerap dikenal dengan Reza Rahadian merupakan aktor asal Indonesia. Ia salah satu aktor yang wajahnya sering muncul di layar lebar Tanah Air.

Meski ia dikenal sebagai seorang aktor, namun Reza mengawali kariernya di industri hiburan dengan menjadi model. Penasaran dengan sosok Reza Rahadian? Berikut ini beberapa fakta tentang Reza Rahadian.

Model

Reza mengawali kariernya sebagai model. Saat jadi model Reza pernah meraih juara Favorite Top Guest majalah Aneka Yess! di 2004. Namun, kariernya sebagai model tak begitu gemilang, ia pun menjadikan karier modelnya itu sebagi batu loncatan untuk menjadi seorang aktor.

Aktor

Debutnya menjadi aktor diawali dengan bermain di sinetron Culunnya Pacarku, produksi Rapi Films di 2005. Setelah bermain sinetron itu, Reza kembali dipercaya oleh Rapi Films untuk bermain dalam sinetron Inikah Rasanya, Mutiara Hati, Cinta SMU 2, ABG, dan Aku Hamil.

Sukses di layar kaca, ia pun menjajal layar lebar. Pada 2007 Reza bermain peran di film layar lebar bergenre horor - komedi, Film Horor (2007) sebagai Beni. Di tahun selanjutnya ia kembali berperan dalam film Ghost Island 2.

Nama Reza Rahadian baru mulai terdengar setelah bermain film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo, Perempuan Berkalung Sorban (2009) sebagai Samsuddin. Sejak bermain di film itu kariernya sebagai aktor semakin sukses.

Banyak film yang telah ia mainkan, di antaranya 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta, Habibie & Ainun, My Stupid Boss, dan lainnya.

Penghargaan

Berkat menjadi Samsudin di film Perempuan Berkalung Sorban, Reza Rahadian berhasil menyabet penghargaan Pemeran Pendukung Pria Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2009.

Selain itu, Reza juga pernah meraih penghargaan lainnya di ajang yang sama sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik sebanyak tiga kali, yaitu pada 2010, 2013, dan 2016.

Produser Film

Selain jadi aktor, Reza juga sempat menjadi seorang produser film. Ia pernah menyutradarai film pendek buatannya yang bertajuk Sebelah.

Penyanyi

Sambil berkarya di dunia akting, Reza pun sempat menjajal dunia tarik suara. Ia sempat berduet dengan Acha Septriasa dalam single Broken Heart yang menjadi original soundtrack film Brokenhearts yang rilis pada 2012.

Tukang Potong Rumput

Aktor berusia 33 tahun ini sudah ditinggal sang Ayah sejak kecil. Orang tuanya telah berpisah sejak ia menginjak usia 6 bulan. Reza Rahadian lahir dari pasangan bernama Rahim, yang berdarah Iran dan Pratiwi Widantini Matulessy, yang berasal dari Maluku.

Karena hanya tinggal dengan sang Ibu, saat usianya 10 tahun, Reza sempat menjadi tukang potong rumput. Dia menawarkan jasanya dengan berkeliling kompleks menggunakan sepeda. Upah yang dihasilkannya saat itu sekitar Rp 15.000 - Rp 20.000.

Dari Keluarga Beda Agama

Sejak kecil, Reza Rahadian tumbuh di tengah keluarga berbeda keyakinan. Sang ibu yang menganut agama Nasrani selalu mengajarkan Reza, yang beragama Islam, untuk memiliki sikap saling toleransi di antara umat beragama. Bersama sang ibu, dia tinggal di rumah neneknya di Gadog, Megamendung, Bogor.



Simak Video "Momen Reza Rahadian Cs Temui Jokowi Minta Dukungan untuk FFI 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)