Cher Dihujat Usai Berkicau soal Kematian George Floyd

Asep Syaifullah - detikHot
Senin, 05 Apr 2021 15:27 WIB
LAS VEGAS, NV - MAY 21:  Actor/singer Cher performs onstage during the 2017 Billboard Music Awards at T-Mobile Arena on May 21, 2017 in Las Vegas, Nevada.  (Photo by Ethan Miller/Getty Images)
Cher tuai hujatan ungkit soal kematian George Floyd / Foto: Getty Images
Jakarta -

Penyanyi senior Cher menjadi bulan-bulanan para netizen di dunia maya setelah menuliskan cuitan tentang kematian George Floyd. Ia berdalih jika dirinya harusnya bisa menyelamatkan pria kulit hitam itu dan mencegah kejadian seperti saat ini.

Hal itu pun membuat para netizen geram dan menjulukinya sebagai white savior complex di mana dirinya dianggap bisa menyelamatkan nyawa orang lain dan bertindak sebagai pahlawan kulit putih pada kejadian itu.

Penyanyi berusia 74 tahun itu pun meminta maaf karena tak menyangka jika cuitannya itu membuat orang-orang terluka dan tak tahu itu adalah sebuah kalimat yang tak pantas untuk dikatakan.

"Aku tahu orang-orang kerap meminta maaf saat mereka berada di kemacetan, namun demi Tuhan...Aku meminta maaf jika telah melukai seseorang di komunitas masyarakat kulit hitam. Aku tahu maksud hatiku," tulisnya.

Kejadian tersebut bermula usai Cher menyaksikan video di mana George Floyd meninggal dunia usai tercekik aksi petugas kepolisian bernama Derek Chauvin. Lehernya ditekan oleh lutut selama lebih dari 9 menit berdasarkan persidangan.

Usai menyaksikan hal itu Cher pun menuliskan jika dirinya berharap bisa ada di lokasi tersebut.

"Ini mungkin terdengar gila, tapi aku selalu berpikir mungkin jika aku ada di sana aku bisa membantunya," tulisnya.




Cuitan itu pun ramai hujatan dan dianggap sebagai sebuah supremasi kulit putih yang kerap menganggap dirinya sebagai seorang pahlawan atas beragam kejadian.

"Tingkat white savior complex milikmu sudah melebihi batas," tulis netizen.

"Tak semua hal bisa kau selesaikan dan berjalan sesuai dengan harapanmu. Tingkahmu justru menyakiti orang-orang," tulis lainnya.

"Lagi-lagi kalian (masyarakat kulit putih) menunjukkan bahwa kami tak bisa membela diri kami sendiri dan butuh bantuan kalian," tulis netizen.

Simak juga 'Jaksa Putar Video Detik-detik George Floyd Sekarat':

[Gambas:Video 20detik]



(ass/doc)