Perjalanan Spiritual Marcell Siahaan: Agnostik, Katolik, Buddha, Islam

tim detikhot - detikHot
Kamis, 01 Apr 2021 15:53 WIB
Marcell Siahaan
Marcell Siahaan cerita perjalanan spiritual Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Marcell Siahaan punya perjalanan spiritual yang panjang. Ia pernah memeluk agama Katolik dan Buddha, sebelum mualaf.

Marcell mengaku saat kecil, ia tumbuh dalam keluarga berbeda keyakinan. Ia juga mulai banyak belajar sejak saat itu.

"Jadi dulu gue punya orang deket. Jadi, anak yang diangkat kakek gue. Dia yang mengazani kakek gue saat meninggal. Jadi pas dia salat, gue liatin, gue duduk di sampingnya. Gue ikutin. Itu jaman-jaman gue agnostik, itu yang gue lakukan dulu. Gue juga liatin tante gue yang agamanya lain," kata Marcell Siahaan kepada Daniel Mananta di Channel YouTubenya.

Ia juga mengaku senang melalui perjalanan spiritual dalam hidupnya.

"Gue nyaman, gue senang. Gue yakin bahwa segala sesuatu itu ada titiknya dan gue merasa bisa berbuat banyak hal ketika gue berada di sini," jawabnya.

"Jadi bukan hanya melihat ini sebagai pencapaian spiritual hanya internal gue, tapi juga pencapaian spiritual eksternal," sambungnya lagi.

Marcell pernah menikah dengan Dewi Lestari namun pernikahan itu berakhir pada 2008. Marcell lalu menikah dengan Rima Melati Adams pada 28 Januari 2009.

Sang istri juga yang disebut Marcell Siahaan banyak mengajarkan tentang agama Islam. Marcell mengisahkan Rima Melati Adams kerap memperlihatkan diri sebagai seorang muslimah yang membuatnya tersentuh.

"Dia salat, buka puasa dan segala macamnya. Ya gue memang biasa yang nyaman-nyaman, dulu pun sebenarnya gue tuh ya, kalau sahur ikut sahur, kalau makan siang, ya ikut juga. Gitu ketika dulu," jelas Marcell Siahaan lagi.

"Gue mempelajari Islam. Gue tuh suka dengan sesuatu ini kenapa yah begini, ini kenapa kok begini. Karena kenapa? Gue nggak mau jadi orang yang takut sama sesuatu yang nggak gue ngerti," ujar Marcell.

Marcell juga mengaku kecil pernah agnostik. Meski ia suka menonton acara-acara keagamaan.

"Jadi dulu waktu gue kecil, waktu gue agnostik itu. Di TVRI itu ada beberapa acara, mimbar agama Islam, Katolik, Buddha, Hindu sama kepercayaan ketuhanan yang maha esa. Itu dulu ada lima acaranya di TVRI," sambungnya.

"Dulu kan di TVRI ada tayangan agama-agama kan, nah gue tuh senang tuh nonton yang begituan. Apalagi waktu nonton Islam, waktu itu ada musabaqah tilawatil Quran, pas gue dengar wah indah sekali ya," kisahnya.

Marcell Siahaan juga menjelaskan pandangan dirinya kepada Tuhan. Berbagai perjalanan hidup yang dilaluinya pun membuatnya begitu yakin.

"Dia (Allah) itu menjadi sesuatu yang Maha Kokoh sekaligus at the same time sesuatu yang paling loveable menurut gue," terangnya.

"Melihat banyak hal itu lo harus benar-benar, dalam kondisi yang lo harus berserah, ikhlas gitu. Dan menurut ajaran yang gue jalanin sekarang ini ya, apapun itu adalah hal yang membuat gue jadi bisa lebih ikhlas dalam melihat segala hal," ungkapnya.



Simak Video "Marcell Rilis Single Terbaru Bareng Musisi Jazz Asal Uruguay"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/dar)