Cita Citata di Pusaran Kasus Suap

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 27 Mar 2021 16:10 WIB
Cita Citata saat tampil di acara dHOT Music Day 2021.
Cita Citata terseret kasus suap bansos / Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO
Jakarta -

Nama Cita Citata disebut-sebut di kasus suap bansos Corona mantan Kemensos Juliari Batubara. Ia terseret kasus tersebut yang kini masih bergulir di pengadilan Tipikor.

Jelang akhir pekan ini, Cita Citata dipanggil untuk dimintai kesaksiannya di gedung Merah Putih KPK. Keterlibatan Cita Citata di kasus ini awalnya diketahui dari pernyataan Matheus Joko Santoso, mantan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bansos Corona, yang menyebut nama pelantun Goyang Dumang itu saat pembacaan BAP.

Joko diperiksa sebagai saksi dalam sidang penyuap bansos Corona, Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja.

Joko mengatakan ada dana yang masuk ke Cita Citata sebesar Rp 150 juta. Ia mengatakan Cita Citata diundang untuk hadir dalam kegiatan rapat di Labuan Bajo.

"Lalu, pembayaran hotel biro humas Rp 80 juta, pembayaran tes swab COVID pimpinan Kemensos Rp 30 juta, seragam baju tenaga pelopor Rp 80 juta, pembayaran kegiatan Mesuji Lampung Rp 100 juta, pengerahan tenaga pelapor untuk monitoring gudang Rp 80 juta, pembayar makan minum rapat pimpinan awal akhir Rp 100 juta, pembayar makan minum tim bansos relawan dan tim pantau Rp 200 juta, pembayar sapi Rp 100 juta, sewa pesawat carter Labuan Bajo Rp 270 juta, pembayaran artis untuk kegiatan rapat Labuhan bajo Rp 150 juta," ungkap Joko dalam persidangan yang digelar 9 Maret 2021.

Cita Citata memenuhi panggilan guna menjalani pemeriksaan yang dilakukan KPK pada Jumat (26/3/2021). Dalam pemeriksaan tersebut, Cita Citata menegaskan dirinya hanya hadir sebagai pengisi acara di kegiatan rapat yang sempat disinggung Matheus Joko Santoso.

"Saya di sana diundang secara profesional dan menyanyi. Jadi saya sebagai saksi aja," ungkap Cita Citata.

Secara personal, ia juga membantah kenal dengan Juliari Batubara secara langsung. Diungkapkan pedangdut kelahiran 1994 ini, ia diundang melalui EO lewat seseorang bernama Adi yang menghubungi manajemennya.

"Jadi saya tidak mengetahui Juliari. Saya tidak kenal sama sekali," ungkapnya.

Cita juga menyebut dirinya hanya bertemu sebentar dengan pihak bernama Adi itu.

Soal kabar dirinya menerima bayaran Rp 150 juta, Cita Citata menampik dengan mengatakan ia tak dapat menjabarkan nominal bayaran yang ia terima.

"Saya belum bisa ngomong berapa (bayarannya). Karena semua dari manajemen," ujar Cita Citata saat ditemui usai menjalani pemeriksaan dan menyampaikan keterangan di KPK, Jumat (26/2021).



Simak Video "Cita Citata Ingat Masa Lalu saat Akting Gagal Nikah di Sinetron"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/aay)