Cita Citata Soal Juliardi Batubara dan Kasus Suap Bansos

Tim Detikcom - detikHot
Jumat, 26 Mar 2021 22:04 WIB
Penyanyi Cita Citata penuhi panggilan KPK. Ia datang untuk diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap bansos COVID-19 yang menjerat eks Mensos Juliari Batubara.
Cita Citata saat diperiksa KPK sebagai saksi. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Jakarta -

Setelah namanya disebut dalam kasus dana bantuan sosial (bansos) pandemi virus Corona, Cita Citata kini menjadi saksi atas kasus yang menjerat mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara.

Pedangdut itu pun menyambangi Gedung Merah Putih KPK untuk menjalani pemeriksaan pada Jumat (26/3/2021).

Setelah melewati dua jam pemeriksaan, Cita Citata mengaku tidak mengenal sosok Juliari Batubara secara personal. Hal itu ia tuturkan kepada awak media usai pemeriksaan.

Terseretnya nama perempuan kelahiran 14 Agustus 1994 itu karena Cita Citata hadir untuk bernyanyi pada acara yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Diduga, dalam penyelenggaraan acara itu turut mengalir dana dari hasil suap pengadaan bansos Corona.

Terkait hal itu, Cita Citata mengaku tidak tahu menahu. Ia mengatakan diundang ke acara tersebut melalui event organizer (EO), bukan melalui perorangan.

"Yang ngundang pihak EO jadi saya nggak tau siapapun. Siapa Juliari Batubara ini juga nggak saya kenal," ujar Cita Citata di Gedung KPK, Jumat (26/3/2021).

"Saya bertemu dengan Pak Adi yang mengundang saya di EO," lanjutnya.

Untuk nominal pembayaran yang diterima Cita Citata, dia tidak mau menjelaskan secara gamblang. Cita Citata mengaku belum dapat menjelaskan nominal uang yang diterimanya.

Sambil berjalan menuju mobil pribadinya, Cita Citata hanya bisa menegaskan dirinya hanya sebagai saksi saja pada pemeriksaannya ini.

"Saya belum bisa ngomong berapa (bayarannya). Karena semua dari manajemen," ungkap Cita Citata.

"Saya hanya bisa menjelaskan, saya diundang secara profesional dan menyanyi secara profesional dan di sini saya jadi saksi aja. Jadi nggak ngomongin apa-apa," tuturnya.

Sebelumnya, nama Cita Citata sempat disebut dalam persidangan dengan terdakwa Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja.

Dalam sidang sebelumnya, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kemensos, Matheus Joko Santoso mengakui ia mengumpulkan kutipan dana dari rekanan penyedia bansos sebesar Rp16,7 miliar. Dari sejumlah uang yang dikumpulkan itu, ia serahkan pada mantan Menteri Sosial Juliari Batubara sebesar Rp14,7 miliar.

Uang tersebut kemudian digunakan untuk berbagai kegiatan, salah satunya untuk menyelenggarakan acara di Labuan Bajo dengan bintang tamu Cita Citata.



Simak Video "Klarifikasi Cita Citata Namanya Terseret Kasus Korupsi Bansos"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/ass)