Zul Zivilia Dulu Pengedar Narkoba, Kini Berdakwah di Penjara

Hanif Hawari - detikHot
Minggu, 21 Mar 2021 17:45 WIB
Zul Zivilia saat menjalani persidangan di PN Jakarta Utara.
Zul Zivilia dipenjara karena narkoba Foto: Ismail/detikFoto
Jakarta -

Zul Zivilia sudah dua tahun mendekam di penjara. Ia divonis bersalah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara dalam penyalahgunaan narkoba.

Istri Zul Zivilia, Retno Paradinah mengungkapkan bagaimana kondisi sang suami saat ini. Ia menyebut, pria bernama asli Zulkifli itu dalam keadaan yang baik.

"Sehat, Alhamdulillah sehat sih dia, masih teleponan tapi jarang, belakangan ini sudah jarang," kata Retno Paradinah saat dihubungi wartawan, belum lama ini.

Selama berada di Rutan Salemba, Jakarta Pusat, Zul Zivilia disebut sering melakukan kegiatan yang positif. Di antaranya adalah berdakwah dan mengajari para narapidana belajar agama Islam.

"Sekarang dia dakwah-dakwah, ngajar ngaji juga. Jadi di sana tuh mereka yang dekat-dekat dia manggil kak Zul itu guru, saya juga baru tahu. Terus kemarin waktu minggu lalu nelpon pakai nomor orang di sana kan, ada yang manggil kak Zul guru, aku juga bingung guru siapa," ungkap Retno Paradinah.

Retno Paradinah menyebut Zul Zivilia kini sudah tidak begitu tertarik dengan dunia musik. Namun ia masih menciptakan lagu jika ada orang yang meminta.

"Dia sekarang nggak ini lagi sama musik, nggak mau bermusik lagi sih. Paling kayak Kalapas minta dibikinin lagu, nah dia buatin tuh Lapas kemarin. Untuk Lapas Salemba sudah satu, Lapas Cipinang juga satu," imbuh Retno Paradinah.

Tak bisa dipungkiri, Zul Zivilia merasakan jenuh ketika berada di hotel prodeo. Namun apa daya, ia harus menjalaninya dengan terpaksa.

"Jenuh ya pasti lah, cuma mau gimana lagi dia di dalam. Yang penting katanya, anak sama istri di luar sehat, gitu aja sih," tutur Retno Paradinah.

Seperti diketahui, Zul Zivilia ditangkap polisi di Apartemen Gading River View City Home, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada Jumat 1 Maret 2019. Ia divonis sebagai pedagang dan pengedar dengan hukuman 18 tahun penjara.



Simak Video "Sidang Ditunda, Istri Zul 'Zivilia' Keluhkan Biaya Transportasi"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/nu2)