ADVERTISEMENT

Shireen dan Zaskia Klaim Mark Sungkar Sudah Kembalikan Uang yang Disebut Hasil Korupsi

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 12 Mar 2021 10:45 WIB
Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar
Shireen dan Zaskia Sungkar bicara soal dugaan korupsi yang membelit sang ayah, Mark Sungkar Foto: Gus Mun/detikHOT
Jakarta -

Ketika Mark Sungkar diterpa isu korupsi, tentu saja nama Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar ikut terseret. Pengacara Mark Sungkar, Fahri Bachmid, mengatakan anak-anak Mark Sungkar selalu mendukung sang ayah.

Dari Jamilah Sungkar, Zaskia Sungkar, Shireen Sungkar, dan Yusuf Averoes Sungkar, Zaskia dan Shireen adalah yang paling disorot. Akhirnya Zaskia dan Shireen Sungkar memberikan tanggapan atas kasus dugaan korupsi yang menimpa sang ayah melalui channel YouTube-nya, The Sungkars Family.

Di awal video, Zaskia Sungkar mengatakan awalnya memang tak mau memberikan klarifikasi apa pun. Dia menilai, Mark Sungkar sudah memberikan klarifikasi dengan jelas atas tuduhan korupsi itu.

Mark Sungkar didakwa memakai uang Rp 399 juta untuk memperkaya diri dan orang lain ketika dia menjabat Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PPFTI) periode 2015-2019.

"Namanya musibah ya kita sebagai anak melihat ini di awal pasti kaget, sedih. Cuma balik lagi yang penting kita yang lebih tahu Papa kita seperti apa. Kita anaknya, kita tahu betul... insyaallah ayah kita nggak akan pernah melakukan hal itu. Beliau itu benar-benar orang yang paling anti sama hal tersebut yang lagi difitnah ke beliau," buka Zaskia Sungkar dilihat, Jumat (12/3/2021).

"Sebagai anak kita support. Namanya kebenaran akan terungkap insyaallah sebagai anak akan terus mendoakan dan men-support Papa sampai Papa insyaallah bisa memperjuangkan haknya," tegasnya.

Zaskia Sungkar menjelaskan akhirnya dia dan Shireen angkat bicara karena adanya berita-berita yang muncul dan mengusiknya. Zaskia menyayangkan adanya potongan-potongan berita yang dianggap hanya mengambil dari satu sisi saja.

"Kayak misalnya aku sama Shireen dibilang, 'Kok anak-anaknya nggak bisa ngebalikin?'" kata Zaskia.

"Padahal dari 1,5 tahun hampir 2 tahun lalu, sudah kita kembalikan yang dianggap itu adalah merugikan negara. Padahal itu adalah haknya Papa dan para atlet. Yang dianggap itu kan yaudahlah balikin. Shireen juga bilang, 'Itu kan hak Papa, nanti tagih aja lagi di akhirat.' Itu sudah dikembalikan semuanya," bebernya.

Mark Sungkar diduga menggelapkan dana Rp 399 juta. Zaskia Sungkar mengaku sedih selain sepengetahuannya sang ayah sudah mengembalikan uang tersebut, nominal tersebut diakui Zaskia Sungkar bukan sesuatu yang sulit untuk didapatkan dengan cara yang halal.

Mark Sungkar Didakwa Perkaya Diri Rp 399 Juta terkait Dana Platnas TriathlonMark Sungkar Didakwa Perkaya Diri Rp 399 Juta terkait Dana Platnas Triathlon Foto: Zunita Putri/detikcom

"Ini kan, masalahnya, kita syoknya tuh, 'Hah 300 jutaan?' gitu. Kayak maaf... banget, maksudnya kayak uang segitu, tuh, bukan satu hal yang susah untuk dicari buat kita (dengan cara) yang halal. Ada yang halal kenapa harus ambil yang haram? Kita dengar 300 juta sekian, 'Sudah pah balikin aja.' Gitu ya Ren?" ungkap Zaskia Sungkar.

"'Sudah Pa balikin aja Pa.' Itu pun sudah lama ya, satu tahun lalu. Terus habis itu pun berhenti, aku kira selesai. Papa juga kan orang tua yang nggak mau nyusahin anak-anaknya, nggak mau menzalimi anak-anaknya, yang pusing-pusing nggak mau kasih tahu anak," sambung Shireen Sungkar.

Dalam pembicaraan itu, Shireen Sungkar dan Zaskia Sungkar didampingi oleh pengacara Mark Sungkar, Fahri Bachmid. Zaskia Sungkar dan Shireen Sungkar menilai Mark Sungkar adalah korban fitnah.

Sebagai anak-anaknya, Shireen dan Zaskia Sungkar mengakui kenal betul sifat dan sikap sang ayah. Mereka menegaskan sang ayah, Mark Sungkar, tidak pernah kekurangan uang dari anak-anaknya.

"Kalau aku sengaja memang nggak mau baca-baca (berita). Kalau aku gini yang namanya orang lagi difitnah. Kalau orang percaya sama fitnah itu, fitnah itu berbalik sama mereka sendiri. Biarin Allah saja yang atur, yang namanya hidup ada pro dan kontra, ada yang akan setuju sama statement kita ada juga yang tetap benci. Mereka percaya fitnahnya, itu mereka yang dosa dan fitnah itu akan berbalik ke keluarga mereka. Kita nggak pernah kepikiran untuk klarifikasi. Kita sebagai anak tahu, insyaallah Papa nggak akan kekurangan uang dari anaknya," tegas Shireen.

"Sampai hari ini Papa nggak merasa kekurangan," timpal Zaskia.

Pengacara Mark Sungkar, Fahri Bachmid juga mengatakan hal yang sama dalam video tersebut. Kliennya sudah mengembalikan uang tersebut.

"Sejak semula, bahkan paling pertama, ketika penyidik meminta untuk pengembalian dugaan kerugian keuangan negara itu, Pak Mark telah menyerahkan sesuai dengan permintaan oleh penyidik pada saat itu, tepat waktu, tanpa tawar-tawar, tanpa apa. Beliau meyakini bahwa proses pengembalian keuangan negara bukan bagian dari pengakuan atas kesalahannya, tapi bagian dari tanggung jawab beliau sebagai insan warga negara yang baik, kooperatif, dan tunduk pada badan-badan peradilan," beber pengacara Mark Sungkar, Fahri Bachmid.



Simak Video "Pesan Zaskia Sungkar dan Irwansyah untuk Pernikahan Mutiara Baswedan"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT