Alasan Sandy Tumiwa Pilih Nikah Siri Dulu dengan Henny Mona

Hanif Hawari - detikHot
Kamis, 11 Mar 2021 21:39 WIB
Sandy Tumiwa dan Henny Mona
Sandy Tumiwa jelaskan alasan nikah siri dengan Henny Mona. (Foto: Hanif/detikcom)
Jakarta -

Sandy Tumiwa dan Henny Mona sudah menikah secara siri. Sandy Tumiwa mengutarakan alasan meminang mantan istri Rio Reifan itu secara agama dulu sebelum disahkan secara negara.

"Kan ada dari agama dan ada dari catatan, kalau dari agamanya kan sudah. Tapi kan nanti dilayangkan secara surat, nanti kan dari siri dulu ya, akad dulu, tapi nanti dilayangkan setelah akta keluar disambungkan menjadi resmi," urai Sandy Tumiwa ketika ditemui di kawasan Trans Media pada Kamis (11/3/2021).

Status perceraian Henny Mona dengan Rio Reifan memang sudah diputus pengadilan. Namun memang jarak antara putusan cerai dan pernikahan siri Henny Mona dengan Sandy Tumiwa tak terlalu berjarak jauh.

Agar tidak menyalahi aturan agama, keduanya melakukan konsultasi dengan pemuka agama dan petugas KUA. Pihak-pihak tersebut menjelaskan secara syariat dan kemudian membolehkan.

"Jadi gini sebelum melangsungkan pernikahan, kita bertanya dulu sama ustaz dan petugas KUA di kediaman saya bahwa apakah setelah ketuk palu bisa menikah secara agama? Menurut ustaz dan petugas KUA itu dibolehkan," beber Henny Mona.

Memang dirinya masih berstatus istri Rio Reifan ketika Rio Reifan masuk penjara beberapa waktu lalu. Namun sejak itu hingga akhirnya keluar dari penjara dan diceraikan, Henny Mona mengaku tidak pernah lagi mendapat nafkah lahir dan batin.

"Karena saya sudah tidak dinafkahi lahir batin sejak lama sekali. Itu semenjak mantan saya di dalam (penjara), lalu begitu dia keluar dia menggugat cerai saya, pada saat laki-laki menggugat wanita itu dianggap sudah bercerai secara agama. Dan buat proses sidang saya juga makan waktu yang lama hampir sembilan bulan delapan bulan ketik palu putusan," lanjutnya.

Henny Mona dan Sandy Tumiwa menjelaskan bahwa mereka tidak mungkin menikah tanpa bertanya pada ahli agama yang mengerti syariat. Setelah diperbolehkan, barulah keduanya memutuskan untuk menikah secara siri.

"Ya semuanya kan by proses. Aku sama Sandy udah sama-sama nyaman, semua berjalan lancar. Kedua keluarga setuju, ya sudah, kita nikah aja tapi masih secara agama," terang Henny.

Saat ini Henny Mona sedang menyelesaikan urusan akta cerainya dengan Rio Reifan. Setelah itu dia bakal mendaftarkan pernikahan dengan Sandy Tumiwa secara negara.

(aay/aay)