Ratu Elizabeth Buka Suara Tanggapi Wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry

Devy Octafiani - detikHot
Rabu, 10 Mar 2021 07:40 WIB
This image provided by Harpo Productions shows Meghan, The Duchess of Sussex, left, in conversation with Oprah Winfrey. (Joe Pugliese/Harpo Productions via AP)
Pangeran Harry dan Meghan Markle di wawancara dengan Oprah Winfrey / Foto: Joe Pugliese/Harpo Productions via AP
Jakarta -

Penuturan Meghan Markle dan Pangeran Harry tentang apa yang mereka alami di wawancara Oprah Winfrey belum lama ini kini memperoleh tanggapan. Tanggapan itu datang dari Ratu Elizabeth dan kerajaan Inggris.

Pernyataan yang diberikan kepada Meghan Markle dan Pangeran Harry itu dirilis atas nama Ratu Elizabeth. Dalam pernyataannya, Ratu Elizabeth memberi penekanan pada pengakuan Meghan Markle yang menilai ada diskriminasi ras dari pihak keluarga kerajaan terhadap putranya Archie saat masih dalam kandungan.

Meghan Markle mengungkapkan, ada anggota kerajaan yang khawatir Archie akan lahir dengan warna kulit yang gelap.

"Seluruh keluarga sedih mengetahui sepenuhnya betapa menantang beberapa tahun terakhir ini bagi Harry dan Meghan," bunyi salah satu bagian awal pernyataan yang disampaikan Ratu Elizabeth itu.

"Isu yang muncul ke permukaan terutama soal ras sangatlah mengkhawatirkan. Meskipun beberapa bagian diingat berbeda mengenai hal itu namun isu tersebut akan ditanggapi secara serius dan keluarga akan menanganinya secara pribadi," lanjut pernyataan tersebut.

BRACKNELL , ENGLAND - OCTOBER 19: Britain's Queen Elizabeth II visits The Lexicon shopping centre during a visit to Bracknell on October 19, 2018 in Bracknell, England. (Photo by Henry Nicholls - WPA Pool/Getty Images)BRACKNELL , ENGLAND - OCTOBER 19: Britain's Queen Elizabeth II visits The Lexicon shopping centre during a visit to Bracknell on October 19, 2018 in Bracknell, England. (Photo by Henry Nicholls - WPA Pool/Getty Images) Foto: Dok. Getty Images

Di akhir, mewakili keluarga kerajaan, Ratu Elizabeth mengungkapkan baik Harry maupun Meghan dan anak mereka tetap menjadi bagian dari keluarga kerajaan meski mereka sudah memutuskan keluar.

"Harry, Meghan, dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga yang sangat dicintai," bunyi pernyataan tersebut di akhir.

Pengakuan Meghan Markle dan Pangeran Harry menjadi sorotan lewat wawancara dengan Oprah Winfrey yang dirilis akhir pekan kemarin. Harry juga menjabarkan tentang hubungannya kini dengan anggota keluarga kerajaan usai dirinya tak lagi jadi bagian di dalamnya.

Pangeran Harry mengatakan ayahnya enggan mengangkat telepon darinya hingga terputusnya dukungan finansial dari kerajaan Inggris untuknya sejak awal 2020.

Harry menyebut dirinya merasakan kekecewaan meski ia tetap menyayangi ayahnya dan berusaha memperbaiki hubungan di antara mereka.

"Tentu saja, saya akan selalu mencintainya, tetapi ada banyak luka yang terjadi. Dan saya akan terus menjadikannya sebagai salah satu prioritas saya untuk mencoba dan menyembuhkan hubungan itu," tukas Harry.



Simak Video "Pangeran Harry Sebut 'Megxit' Sebagai Ujaran Kebencian untuk Meghan"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)