Profil Boiyen: Pedangdut Serba Bisa

Nanda Alifah - detikHot
Kamis, 04 Mar 2021 13:08 WIB
Boiyen saat ditemui di kawasan Trans TV.
Profil Boiyen Foto: Noel/detikFoto
Jakarta -

Boiyen datang dengan kabar duka. Sang kakak, Dudung meninggal setelah mengalami kecelakaan.

Dalam pesan yang tersebar di grup WhatsApp terpampang foto KTP pria bernama asli Dudung Abdul Malik dengan foto sepeda motor.

Tertulis dalam pesan tersebut Kakak Boiyen mengalami kecelakaan karena tertabrak kereta di daerah Semanan, Pasar Kemis, Jakarta Barat. Kecelakaan itu dikabarkan terjadi sekitar pukul 21.00 WIB kemarin.

Menyoal kronologi dan penyebab meninggalnya kakak dari Boiyen, Agung tak mengetahui lebih rincinya. Lalu, siapakah sosok Boiyen? Simak profilnya berikut ini.

Pedangdut

Boiyen lahir dengan nama Yeni Rahmawati, sejak usia 5 tahun ia sudah menghibur banyak orang melalui musik dangdut. Boiyen memulai kariernya ketika masih duduk di bangku sekolah dasar dengan bernyanyi dari panggung ke panggung.

Pada 2013, Boiyen pun mulai merilis karyanya dengan berbagai genre yang disatukan dalam sebuah album bertajuk Seperti Pelangi. Singel perdana dalam album tersebut berjudul Cintaku Lowbat dan dengan ciri khas "Goyang Hidung".

Dalam debut album yang dirilisnya itu, ia merangkum berbagai jenis musik mulai dari pop, R&B, pop-dangdut hingga religi.

Komedian dan Presenter

Boiyen bernaung di bawah CMI Manajemen, bersama dengan Olga Syahputra, Raffi Ahmad, Chand Kelvin, Tara Budiman, Billy Syahputra, Syahnaz Sadiqah dan lain sebagainya.

Selain menjadi penyanyi, Boiyen juga dikenal sebagai komedian dan pernah menjadi presenter di beberapa acara televisi seperti Pesbukers, Sportakuler, dan Catatan si Olga.

Boiyen juga sempat diundang menjadi bintang tamu di beberapa acara musik dan komedi seperti Dahsyat dan Yuk Keep Smile.

Sering Dibully Soal Hidung Pesek

Boiyen identik dengan bentuk hidung yang mungil atau pesek. Memiliki bentuk hidung pesek membuat penyanyi lagu Kamu Hoax ini kerap menjadi korban perundungan banyak orang, termasuk saat menjalankan syuting program di televisi.

Karena hal tersebut, orang tua Boiyen sempat tidak menerima kalau putri mereka diolok-olok karena bentuk fisik yang mungkin dianggap kurang cantik. Namun sebagai anak, Boiyen berusaha menenangkan orang tuanya secara pelan-pelan.

Lain hal dengan orang tuanya, Boiyen tak masalah dihina soal hidungnya. Malah, ia menganggap hidung peseknya itu justru membawa rezeki baginya. Karirnya melejit dan populer dikenal banyak orang juga terbantu dengan hidung pesek.

"Saya enggak pernah minder atau malu dibilang pesek, emang kenyataan begitu. Meski pesek saya tetap menunjukan prestasi kepada orang lain," tegas Boiyen.

"Pernah ada dokter kecantikan yang menawarkan saya operasi hidung sampai operasi plastik, tapi saya menolak, karena hidung saya membawa keberuntungan," tambah Boiyen.

Sang Kakak Meninggal Dunia

Komedian Boiyen berduka. Sang kakak, Dudung, meninggal dunia. Kakak dari Boiyen diduga tertabrak kereta. Agung Tole, manajer Boiyen mengatakan sang komedian terpukul dan berduka.

Dalam Instagram Stories pribadinya, Boiyen menuliskan 'Innalillahi wa innailaihi rojiun Aa Dudung' dengan emoji menangis. Komedian yang juga pernah menjadi teman duet Melaney Ricardo itu, mengunggah foto kebersamaan keluarganya dengan almarhum sang kakak.

"Cepet bgt aa dudung ninggalin kita ya Allah, semoga husnul khotimah diampuni segala dosanya dan diberi tempat terindah, Amin," tulis Boiyen pada foto tersebut.

Kabar meninggalnya kakak dari Boiyen awalnya berasal dari broadcast message yang tersebar dalam grup whatsApp. Dalam pesan tersebut, terpampang foto KTP Dudung Abdul Malik dengan foto sepeda motor yang memiliki nomor polisi B 6272 NKV.

Di foto tersebut tertulis keterangan yang menyebut kakak dari Boiyen itu mengalami kecelakaan karena tertabrak kereta. Untuk kronologi kejadian, Agung tidak bisa memberikan penjelasan. Akan tetapi, Agung membenarkan kakak dari Boiyen itu meninggal karena kecelakaan.

Jenazah disemayamkan di kediaman kakak Boiyen di daerah Pasar Kemis, Jakarta Barat. Untuk pemakaman, Agung pun belum mengetahui secara rinci mengenai rencana itu.



Simak Video "Perdana Puasa Bareng Suami, Kesha Ratuliu Happy Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)