Setahun Pandemi, Ini Artis Indonesia yang Meninggal Dunia karena COVID-19

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 03 Mar 2021 14:03 WIB
Tempat pemakaman jenazah Covid-19 di Srengseng Sawah 2, Jakarta Selatan sudah mencapai 219 makam, Rabu (24/2). Sampai hari ini sudah ada 10 jenazah yang dimakamkan dengan menggunakan standar protokol kesehatan
Setahun Pandemi, Ini Artis Indonesia yang Meninggal Dunia karena COVID-19 (Foto: Dedy Istanto)Foto: Dedy Istanto
Jakarta -

Rina Gunawan meninggal dunia pada Rabu (3/3/2021). Sebelumnya ia diketahui terinfeksi virus COVID-19.

Menurut Agus Susetyo, Kabid Humas Rumah Sakit Pusat Pertamina, dalam wawancara dengan Lambe Tujuh, menyebut penyakit bawaan yang sebelumnya diderita Rina Gunawan memang memperlambat proses penyembuhan dari sakit karena terpapar Corona.

"Sebetulnya, mengutip juga dari Pak Teddy (suami Rina Gunawan), memang betul ada asma, itu salah satu penyakit yang memperberat seseorang recovery lebih lanjut," ungkapnya.

Kepergian Rina Gunawan tidak hanya menyisakan kesedihan bagi keluarga dan sahabat, tapi juga menambah daftar artis yang meninggal dunia dalam kurun waktu setahun pandemi.

Berikut para artis yang meninggal dunia karena COVID-19.

1. Yopie Latul

Yopie Latul meninggal dunia karena COVID-19 pada 9 September 2020. Pelantun lagu Poco Poco tersebut mengembuskan napas terakhirnya di usia 65 tahun.

2. Farida Pasha

Kabar duka juga datang dari Farida Pasha yang terkenal karena perannya sebagai Mak Lampir. Ia meninggal dunia pada 16 Januari 2021.

Farida Pasha meninggal dunia di Rumah Sakit Tarakan, Jakarta Pusat. Selama empat hari sebelum tutup usia, ia dirawat intensif.

Sebelum terpapar COVID-19, Farida Pasha diketahui sempat mengalami vertigo dan sakit di bagian lambungnya. Sebanyak dua kali, ia dibawa ke rumah sakit untuk perawatan intensif.

3. Soraya Abdullah

Berikutnya ada Soraya Abdullah yang meninggal dunia pada 1 Februari 2021. Sebelumnya, ia menjalani perawatan di Rumah Sakit Siloam, Kelapa Dua, Tangerang.

Oleh karena virus tersebut, Soraya Abdullah mengalami komorbid asma atau masalah pernafasan yang disebabkan oleh radang saluran pernapasan yang membawa udara ke dan dari paru-paru.

(dar/pus)