Kisruh Polemik Tes DNA, Daus Mini: Ini Memang Anak Saya

Pingkan Anggraini - detikHot
Selasa, 02 Mar 2021 17:22 WIB
Daus Mini
Daus Mini tegaskan jika Ichal adalah anaknya. Dok. detikHOT
Jakarta -

Pertikaian antara Daus Mini dan mantan istrinya, Yunita Lestari masih berjalan hingga saat ini. Daus menuruti proses hukum yang berjalan dengan menyambangi Komnas Anak di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (2/3/2021).

Daus Mini diketahui memenuhi panggilan pemeriksaan terhadap gugatan yang dilayangkan Yunita Lestari minggu lalu.

Setelah menjalani pemeriksaan, Daus Mini menegaskan Ivander Haykal Firdaus atau Ichal adalah anak kandungnya. Hal itu menjawab tudingan hingga tuntutan Ichal untuk melakukan tes DNA beberapa waktu lalu yang ramai diperbincangkan.

"Hari ini Daus tegasin bahwa anak yang di sana, yang lagi rame ini memang anak Daus gitu," tegas Daus Mini saat jumpa pers.

Selain itu, ditegaskan Ketua Umum Komnas Anak Arist Merdeka Sirait kasus ini tidak perlu dilanjutkan lagi. Arist menegaskan, kasus ini dihentikan karena tak elok jika membahas perihal DNA anak.

Dalam penjelasan Arist, meragukan DNA anak dari pasangan Daus Mini dan Yunita Lestari ini dianggap merusak hak dan perlindungan Ichal.

"Hari ini saya bangga karena dengan waktu yang singkat Daus bersama istri dan lawyernya hadir atas pengaduan mantan istri berkaitan dengan hak anak," ujar Arist dalam jumpa pers yang sama.

"Saya menyimpulkan bahwa demi kepentingan terbaik anak, polemik ini harus dihentikan. Karena itu merupakan pelanggaran terhadap hak-hak," lanjut Arist.

Tak hanya sampai situ, Arist menegaskan kasus ini tak harus menjalani pemeriksaan DNA untuk Ichal. Ketetapan Ichal adalah anak Daus Mini dan Yunita Lestari sudah dikukuhkan lewat akte kelahiran yang tercatat resmi di negara.

"Jadi kesimpulan saya nanti diklarifikasi sesuai dengan akta lahir dan pengumuman secara publik bahwa anak umur 9 tahun inisial I itu adalah anak dari Daus Mini dengan Yunita Lestari. Dibuktikan akta kelahiran ini," tegas Arist.

Seperti diketahui, perseteruan ini bermula dari hilangnya komunikasi Daus Mini yang dianggap tak bertanggung jawab dengan anaknya. Yunita Lestari berusaha menghubungi Daus Mini untuk meminta bantuan financial tapi tak digubris oleh Daus Mini.

Saat itu Yunita Lestari merasa Daus Mini sudah menelantarkan anaknya, Ichal. Yunita pun sempat berseteru dengan istri Daus saat ini, Shelvie Hana Wijaya di media sosial.

Shelvie bahkan sempat meminta Yunita membuktikan jika Ichal anak kandung Daus Mini lewat tes DNA.



Simak Video "Komnas Anak Minta Istri Daus Mini Setop Bahas Tes DNA"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)