5 Fakta Ashanty Diserang Corona

Nanda Alifah - detikHot
Kamis, 25 Feb 2021 14:26 WIB
Ashanty
Ashanty diserang Corona Foto: Gus Mun/detikHOT
Jakarta -

Ashanty hingga kini masih berjuang melawan COVID-19. Diketahui, Ashanty bersama ketiga anaknya, Aurel Hermansyah, Azriel Hermansyah dan Arsy Hermansyah pada 15 Februari lalu telah terjangkit COVID-19.

Dari keempat anggota keluarga A6 yang terpapar COVID-19 tersebut, kondisi Ashanty lah yang paling memprihatinkan. Penyakit autoimun yang diderita Ashanty menjadi penyebab semakin memburuknya kondisi istri Anang tersebut.

Berikut ini beberapa fakta Ashanty melawan COVID-19 yang dirangkum dari berbagai sumber.

Sempat Isolasi Mandiri

Anang Hermansyah menceritakan lengkap kondisi Ashanty dan ketiga anaknya yang terpapar Corona. Mereka sempat isolasi mandiri di apartemen sampai akhirnya Anang Hermansyah dan Ashanty sepakat pindah ke rumah di Cinere.

Meski sudah pindah ke rumah di Cinere, Anang menceritakan kondisi Ashanty tetap menurun. Setelah itu, Anang pun memutuskan untuk kembali melakukan tes PCR.

Hasilnya pun berakhir dengan bertambahnya anggota rumah yang terkena COVID-19, Mbak Indri dan Jessica.

"Aku juga takut kenapa-kenapa ya udah PCR lagi, di rumah PCR eh ternyata nambah dua orang kena (Corona) Mbak Indri dan Jesica. Dikumpulkan di kamar Bunda," cerita Anang Hermansyah dalam channel YouTube The Hermansyah dilihat, Rabu (24/2/2021).

Dibawa Ke Rumah Sakit

Setelah sebelumnya keukeuh menjalani isolasi mandiri, akhirnya Ashanty pun dilarikan ke rumah sakit. Keadaannya yang tak stabil selama seminggu belakangan membuat sang penyanyi harus dirawat secara intensif di rumah sakit.

Mengidap Autoimun

Di antara mereka berempat, Ashanty lah yang saat ini kondisinya sedang drop lantaran ada faktor penyakit Autoimun yang dideritanya.

"Autoimun ini yang bisa trigger macam-macam. Trigger dipaksa ke rumah sakit dicek darah d-dimer-nya tinggi kekentalan darahnya sangat kental. Kalau ini nutupin saluran-saluran di pernapasan ini yang nggak bisa dikendalikan," jelas Anang Hermansyah.

Pasien COVID-19 diketahui kerap diperiksa D-dimer-nya. Sebab, banyak pasien Corona yang mengalami pembekuan darah, salah satu pemicunya adalah reaksi imunitas.

Kondisi ini juga bisa memicu penggumpalan darah atau trombosis di vena dan pembuluh darah balik yang mengalir ke jantung. Tak hanya itu, bisa berakibat fatal jika ada penyumbatan pembuluh darah dari jantung ke paru-paru.

Ashanty Diisukan Kritis

Ketika Ashanty dirawat, Anang sempat diberitahukan oleh Aurel kalau berita mengenai Ashanty sangat luar biasa. Bahkan, ada yang memberitakan kalau Ashanty telah meninggal.

Keluarga Anang yang di Jember pun sampai menghubungi Anang dan bertanya kondisi Ashanty. Mendengar pertanyaan dan kabar yang sampai ke tanah kelahirannya, membuat Anang Hermansyah bingung.

"Di rumah sakit itu Bunda dirawat. Pada saat dirawat itulah Aurel sempat keluarin foto Bunda, dari kemarin berita soal Bunda luar biasa, sampai keluarga di Jember, semua yang dekat sama kita hubungi saya. Sampai Abahku di Jember sampai ngomong Ashanty nggak apa-apa kan kenapa beritanya Ashanty sampai meninggal?" kata Anang.

Kondisi Ashanty memang menurun dan harus dilarikan ke rumah sakit. Setelah dirawat dua hari di rumah sakit pun kondisi Ashanty semakin menurun. Namun, saat diperiksakan paru-paru Ashanty masih dinyatakan aman dan baik-baik saja.

CT Ashanty Akhirnya Naik

Anang Hermansyah kini cukup bisa bernapas lega. Kondisi Ashanty dan ketiga anaknya semakin membaik. Kondisi yang sudah membaik dan cepat adalah Aurel Hermansyah serta Arsy.

Dihubungi detikcom, Anang Hermansyah sempat menjelaskan nilai CT Ashanty dan anak-anak semakin tinggi.

"Pokoknya semua CT-nya sudah naik 31, alhamdulillah," kata Anang Hermansyah melalui sambungan telepon.



Simak Video "Anang Hermansyah Siap Lahir Batin Nikahkan Aurel dengan Atta"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)