Ikon Hollywood Cicely Tyson Meninggal di Usia 96 Tahun

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 29 Jan 2021 09:20 WIB
Aktris Cicely Tyson
Ikon Hollywood meninggal dunia Foto: Istimewa
Jakarta -

Aktris pemenang Emmy dan Tony Awards, Cicely Tyson, meninggal di usia 96 tahun. Ia dikenal sebagai ikon Hollywood dan juga penggerak aktris perempuan di industri perfilman Amerika Serikat.

Kabar duka mengenai sang aktris dipublikasikan oleh agensi yang menaungi dirinya.

"Dengan berat hati, keluarga Cicely Tyson mengumumkan kabar duka sore ini. Saat ini, izinkan keluarga mendapatkan privasi mereka," ungkap manajernya Larry Thompson, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (29/1/2021).

Ia memulai ketenaran di industri Hollywood di awal dekade 1970-an dengan menjadi model. Tapi namanya mulai dikenal ketika aktris perempuan kulit hitam itu mendapatkan peran utama.

Cicely Tyson selektif dalam memilih peran yang bakal dilakoni dan kerap menolak mengambil gajinya. Dalam sebuah wawancara di 2013, ia menuturkan menjalani seluruh kariernya dengan hati-hati dan tidak berorientasi kepada uang.

"Materi bukan segalanya dalam hidup," ungkapnya.

Selama beberapa dekade, Cicely Tyson menjadi panutan karena sukses sebagai aktris kulit hitam yang dihargai di industri Hollywood. Dia memenangkan Emmy Awards sebagai aktris utama pada 1974 untuk The Autobiography of Miss Jane Pittman.

Setahun sebelumnya, ia juga dinominasikan untuk aktris terbaik Oscar untuk film Sounder. Di awal kariernya, Cicely Tyson membintangi drama berjudul The Blacks dan lawan mainnya adalah Maya Angelou, James Earl Jones, dan Louis Gossett Jr.

Penghargaan dari dunia Broadway dan Hollywood mengalir terus dalam kariernya. Pada 2018, ia dianugerahi bintang kehormatan di ajang Oscar.

Setelah menerima penghargaan, ia menuturkan namanya bukanlah berasal dari latar belakang keluarga kaya raya.

"Saya berasal dari status rendahan. Saya besar di daerah yang waktu itu disebut paling kumuh di Amerika Serikat. Saya tidak dapat membayangkan bahwa saya telah bertemu dengan presiden, raja, ratu. Bagaimana saya bisa sampai di sini? Saya juga mengaguminya," tuturnya.

Mantan Presiden Barack Obama juga menganugerahkan Presidential Medal of Freedom kepada Cicely Tyson di 2016 dan mengatakan sosoknya tidak hanya bisa diutarakan pada kata-kata.

"Cicely Tyson membuat keputusan tidak hanya melalui kata-kata, tapi juga berbicara dengan lantang. Keyakinan Cicely Tyson membantu kami untuk melihat setiap perempuan dari keluarga Amerika adalah cantik," tukas Barack Obama.



Simak Video "Hadir di Pemakaman, Nikita Mirzani Kenang Sosok Sapri Pantun"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)