Nindy Ayunda Diperiksa Jadi Saksi Kasus Narkoba Suami, Begini Penjelasan Polisi

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Selasa, 19 Jan 2021 19:59 WIB
Askara Parasady Harsono, suami Nindy Ayunda, saat ditemui di Polres Metro Jakarta Barat.
Foto: Pool/Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Hari ini, Selasa (19/1/2021), Nindy Ayunda akhirnya memenuhi panggilan polisi buat melakukan pemeriksaan. Nindy Ayunda diperiksa sebagai saksi dalam kasus narkoba suaminya, Askara Parasady Harsono.

Nindy Ayunda diperiksa sejak sekitar pukul 13.00 WIB. Selama kurang lebih empat jam diperiksa, penyanyi yang pernah duet bareng Audy itu akhirnya keluar dari Polres Metro Jakarta Barat pada pukul 17.45 WIB.

Menurut Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Ronaldo Maradona, pemeriksaan Nindy Ayunda sebagai kelanjutan penyidikan kasus Askara Harsono.

"Pemeriksaan berjalan lancar. Kami setelah ini memang masih akan melakukan rapat dengan penyidik (lalu) melakukan gelar perkara untuk membahas kelanjutan dari penyidikan terhadap tersangka kami saudara APH," kata Ronaldo Maradona di kantornya, Slipi Petamburan, Jakarta Barat, ketika ditemui detikcom.

Ronaldo Maradona mengungkapkan, pihaknya mengajukan banyak pertanyaan buat Nindy Ayunda menyangkut kasus narkoba yang melibatkan Askara. Hanya saja Ronaldo Maradona tidak menjabarkannya satu per satu.

"Cukup banyaklah. Tadi total berapa ya? Cukup banyaklah pertanyaannya, tapi kaitannya semua dengan case yang menyangkut tersangka APH," katanya.

"Jadi materi pemeriksaan kami memang berbicara seputar hal tersebut, karena kepada saudara APH salah satu pasal yang dikenakan adalah pasal 127 uu 35 2009, itu tentang pengguna narkotika golongan 1 karena barang buktinya sudah disebutkan. Hasil cek urinenya itu positif narkotika. Kemudian kami temukan juga bong," tambah Ronaldo Maradona.

Polisi juga mengulik soal berapa lama Askara Parasady Harsono telah menggunakan narkotika. Termasuk soal lingkungan dari Askara pun jadi hal yang dimintai keterangannya ke Nindy Ayunda.

"Jadi memanng pemeriksaan ini diperlukan untuk ke arah konteks membuktikan beberapa lama yang bersangkutan menggunakan, diketahui lingkungannya, dan sebagainya. Jadi ini masih belum bisa kami sampaikan ke rekan-rekan media karena sifatnya masih kami perlukan untuk kami gelarkan nanti kasusnya. (Untuk) Perkembangannya seperti apa, saya pasti akan beritakan kepada rekan-rekan," pungkasnya.

Askara Parasady Harsono dibekuk satuan Polres Metro Jakarta Barat pada Kamis, 7 Januari 2021. Askara diciduk di kediamannya, di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Saat dibekuk Askara saat itu hanya bersama anak-anaknya saja. Nindy Ayunda disebut tidak ada di rumah. Ketika ditangkap, Askara tak melakukan perlawanan dan mengikuti proses hukumnya secara kooperatif.

Dari penangkapan suami Nindy Ayunda itu, Polres Metro Jakarta Barat menemukan barang bukti psikotropika berupa 1,5 butir Happy Five atau H5 dan alat hisap. Selain itu, Polres Metro Jakarta Barat juga mendapatkan senjata api dengan jenis Baretta Kaliber 6.35 serta 50 butir peluru tajam.

(fbr/aay)