Jadi Penyintas Corona, Dewi Perssik Donor Plasma Darahnya

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Senin, 18 Jan 2021 19:04 WIB
Dewi Perssik saat ditemui di kawasan Trans TV.
Dewi Perssik donorkan plasma darah buat pasien COVID-19. (Foto: Noel/detikFoto)
Jakarta -

Pedangdut Dewi Perssik berkesempatan menyumbangkan plasma darah untuk diberikan kepada orang-orang membutuhkan. Ia merupakan penyintas Corona.

Dewi Perssik mengambil keputusan itu karena banyak pasien yang tengah kritis akibat COVID-19.

"Hari ini mau donor plasma. Aku udah makan banyak. Aku mau diambil darahnya buat mereka yang lagi kritis, darahku kan B soalnya," ujar Dewi Perssik saat ditemui di Gedung Trans TV, Mampang kawasan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Senin (18/1/2021).

Selain itu, Dewi Perssik juga memberikan plasma darahnya setelah termotivasi. Terlebih ketika ia positif Corona, Dewi Perssik juga mendapat banyak bantuan.

"Berbagi kasih berbagi cinta aja. Kan kalau aku sakit yang menolong juga orang lain," ungkap Dewi Perssik.

"Begitu pun saat ini, kalau orang sakit aku bisa nolong, kenapa nggak," lanjutnya.

Ini merupakan pengalaman pertama Dewi Perssik mendonorkan plasma darahnya. Ia mengaku baru dapat kesempatan hari ini.

"Baru kali ini, karena kemarin aku masih di luar kota terus dan dokternya baru ada jadwal hari ini. Jadi sekarang, doain ya," pungkas Dewi Perssik.

Dewi Perssik mengaku sudah melakukan pengecekan darah menggunakan alat bernama Afias-6. Pengecekan tersebut sebagai alat mendeteksi imunitas, juga dapat mendeteksi apakah masih menularkan virus corona atau tidak.

Dari tes itu, Dewi Perssik terdeteksi memiliki antibodi IgG 18,07. Dari tes itu, Dewi juga memilikimu Antibodi IgM 0,13 negatif, yang menandakan Dewi sudah tidak menularkan virus Corona. Sehingga plasma darah milik Dewi Perssik bagus didonorkan untuk pasien COVID-19 yang kritis.

Dewi Perssik berjuang menghadapi COVID-19. Tidak hanya dirinya, dia bersama dengan suami, Angga Wijaya dan keponakannya, Lebby terus berjuang untuk sembuh. Kini ia sudah sembuh dari Corona.

(fbr/nu2)