Round-Up

Kepergian Aktris Senior Farida Pasha 'Mak Lampir'

Tim Detikhot - detikHot
Minggu, 17 Jan 2021 22:12 WIB
Farida Pasha
Pemeran Mak Lampir Farida Pasha meninggal dunia Foto: Ist.
Jakarta -

Pemberitaan terpopuler sepanjang hari ini adalah kabar duka dari kepergian aktris senior Farida Pasha. Bintang Mak Lampir dalam sinetron kolosal Misteri Gunung Merapi itu meninggal karena terpapar COVID-19 dan penyakit penyerta lainnya yang membuat kondisi kesehatan menurun.

Farida Pasha meninggal di Rumah Sakit Tarakan, Jakarta Pusat, pada Sabtu (17/1/2021) pukul 19.35 WIB. Selama empat hari belakangan, ia dirawat intensif di rumah sakit tersebut.

Sebelum terpapar COVID-19, Farida Pasha diketahui sempat mengalami vertiga dan sakit di bagian lambungnya. Sebanyak dua kali, ia dibawa ke rumah sakit untuk perawatan intensif.

Anak Farida Pasha, Gina Sonia, atau ibunda dari musisi Ify Alyssa juga menjelaskan ternyata ketika diperiksa perempuan kelahiran Tasikmalaya itu mengidap pneumonia.

"Sehingga dibawa ke rumah sakit. Setelah dilakukan berbagai tes dan rontgen mama terkena early pneumonia, juga hasil swabnya positif," lanjut Gina.

Setelah terpapar Corona dan diketahui pneumonia, Farida Pasha pun dirawat kembali sampai menghembuskan napas terakhirnya.

Farida PashaFarida Pasha Foto: Dok. Instagram

Sang cucu, Ify Alyssa, mengungkapkan rasa sedih yang mendalam atas kepergian neneknya yang dipanggil dengan sebutan Ibu.

Ia menilai kepergian aktris senior yang terjun ke dunia akting sejak tahun 1977 itu terlalu cepat dan tidak ingin menyusahkan banyak orang.

"Selalu nggak mau nyusahin orang sampai perginya aja cepat sekali buu," tulis Ify Alyssa.

Ify Alyssa dan neneknya Farida PashaIfy Alyssa dan neneknya Farida Pasha Foto: Ify Alyssa/ Instagram

Ify Alyssa pun mengucapkan terima kasih atas doa dan perhatian kepada keluarga dan kerabat terdekatnya. Ia meminta maaf kabar dukanya tiba terlalu cepat hari ini.

"Mohon maaf kami baru bisa kasih kabar karena protokol pemakaman yang sangat ketat dan dikhususkan untuk keluarga inti," ucap Ify Alyssa.

Farida Pasha terjun ke dunia akting sejak tahun 1977 lewat film Guna-Guna Istri Muda dan Pembalasan Guna-Guna Istri Muda pada 1978.

Tapi karakternya yang paling dikenal publik lewat Mak Lampir dalam sinetron kolosal dan film Misteri Gunung Merapi. Dua bulan sebelum meninggal, Farida Pasha mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement dari Forum Film Bandung.

Farida PashaFarida Pasha Foto: Dok. Instagram


Simak Video "Farida Pasha Juga Sempat Sakit Vertigo dan Lambung"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)