Sidang Gugatan Raffi Ahmad yang Diduga Langgar Prokes Digelar 27 Januari

Pingkan Anggraini - detikHot
Minggu, 17 Jan 2021 18:40 WIB
Raffi Ahmad divaksin COVID-19
Sidang gugatan terhadap Raffi Ahmad akan digelar 27 Januari 2021 Foto: dok. Channel YouTube Sekretariat Presiden
Jakarta -

Gugatan terhadap Raffi Ahmad terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan atau prokes di Pengadilan Negeri Depok berkelanjutan. Sidang perdana akan dilaksanakan pada 27 Januari 2021.

Hal ini masih berkaitan dengan hebohnya perilaku Raffi Ahmad yang ikut merayakan pesta ulang tahun usai divaksinasi Sinovac di Istana Negara pada Rabu, 13 Januari 2021.

Diketahui, perkara ini telah digugat oleh Advokat Publik, David Tobing ke Pengadilan Negeri Depok baru-baru ini. Sidang ini merupakan kasus perdata dengan nomor perkara 13/Pdt G/2021/PN Dpk.

"Nomor 13/ Pdt G/ 2021/ PN Dpk," ujar Nanang Herjunanto selaku Humas Pengadilan Negeri Depok, saat dihubungi detikcom, Minggu (17/1/2021).

"Penetapan hari sidang pertama hari Rabu, tanggal 27 Januari 2021," lanjut Nanang.

Selain itu, Nanang Herjunanto juga kembali memeberikan informasi terkait sidang kali ini. Raffi Ahmad dapat diwakilkan oleh kuasa hukumnya karena perkara perdata.

Perwakilan itu juga dilakukan dengan persyaratan menggunakan surat kuasa.

"Bisa diwakilkan (kuasa hukum) dengan surat kuasa," tutur Nanang.

Sidang yang akan memanggil Raffi Ahmad ini juga akan dibuka untuk umum.

Sebagai persyaratan, pihak tergugat dan penggugat diwajibkan hadir untuk pada sidang perdana. Hal ini untuk menentukan kelanjutan sidang secara E-court atau langsung.

"Bisa dihadiri langsung atau dengan E- Court. Tergantung kesepakatan para pihak yang berperkara," tutur Nanang.

"Sidang pertama harus hadir dulu, kesepakatan sidang E- court baru bisa disepakati kemudian," lanjutnya.

Selain itu, sidang ini juga akan dipimpin oleh Ketua Majelis Eko Julianto dengan anggotanya, Divo Ardianto dan Nugraha Medica Prakasa.

Diketahui, terkait kasus yang heboh ini Raffi Ahmad dan sederet artis lainnya seperti Once Mekel hingga Gading Marten juga tengah diselidiki pihak Polres Metro Jakarta Selatan.

Meski begitu, setelah ramainya video dan foto Raffi Ahmad yang diduga langgar prokes beredar, suami Nagita Slavina itu langsung meminta maaf. Ia menegaskan saat itu tengah diundang diacara ulang tahun ayah dari temannya.

"Udah komunikasi, dijelaskan bahwa sebenarnya itu acara ulang tahunnya papanya temen saya. Sebenarnya sih masuk ke sana juga lewatin protokol kesehatan dan lain-lain," jelas Raffi belum lama ini.



Simak Video "Raffi Ahmad Lagi-lagi Absen Mediasi Gugatan Party Usai Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/tia)