Kasus Raffi Ahmad yang Diduga Langgar Prokes Dilimpahkan ke Polres Jakarta Selatan

Pingkan Anggraini - detikHot
Sabtu, 16 Jan 2021 14:14 WIB
Raffi Ahmad divaksin COVID-19
Raffi Ahmad dilaporkan ke polisi karena kasus pelanggaran protokol kesehatan Foto: dok. Channel YouTube Sekretariat Presiden
Jakarta -

Polsek Mampang Prapatan melalui Kapolsek, Kompol Sujarwo menegaskan kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan atau prokes yang dihadiri Raffi Ahmad hingga Ahok dilimpahkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Hal ini disampaikan oleh Sujarwo saat dihubungi awak media, Sabtu (16/1/2021). Sujarwo menegaskan pelimpahan kasus ini sudah dilakukan sejak kemarin, 15 Januari 2021.

"Benar (sudah dilimpahkan ke Polres Jakarta Selatan), sejak kemarin," ujar Sujarwo.

Hal ini menegaskan kasus yang turut menyeret nama Raffi Ahmad itu ke jalur hukum tengah ditangani oleh pihak Polres Metro Jakarta Selatan.

Diketahui, kasus ini berawal dari tersebarnya video dan foto Raffi Ahmad, Gading Marten, Anya Geraldine hingga Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok hadir di acara ulang tahun itu.

Dalam video dan foto yang beredar, mereka tampak tengah merayakan pesta tanpa menerapkan protokol kesehatan. Mereka juga tampak bersenang-senang tanpa menggunakan masker.

Setelah hal itu menjadi viral dan disorot publik, Raffi Ahmad langsung membuat klarifikasi dan permohonan maafnya di akun Instagram. Selain itu, Raffi Ahmad juga sempat menjawab kembali kegiatannya saat itu.

"Kan sudah dijawab ya, jadi pembelajaran yang pastinya saya juga di media sosial. Sudah ada klarifikasi permintaan maaf dan dijelaskan itu bukan di tempat bukan seperti keluyuran di tempat cafe gitu nggak," tutur Raffi Ahmad saat ditemui di kawasan Mampang Prapatan, baru-baru ini.

"Menghadiri undangan terus saya cuma makan sebentar udah pas lagi makan kan nggak pakai masker gitu ya," tuturnya lagi.

Selain itu, Sujarwo juga sempat menegaskan adanya kemungkinan akan memanggil Raffi Ahmad beserta artis lainnya yang terkonfirmasi hadir di acara tersebut.

"Kami intinya mau mengklarifikasi, bukan diperiksa. Kami belum mengklarifikasi terhadap Raffi Ahmad," ujar Sujarwo belum lama ini.

"Tapi sudah mengklarifikasi terhadap saksi-saksi yang berada di situ (TKP). Apakah nanti Raffi Ahmad akan dilakukan klarifikasi? Ya mungkin mengklarifikasi," tutup Sujarwo.



Simak Video "Raffi Ahmad Mangkir di Persidangan, Pihak Penggugat Kecewa"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/tia)