Putra Tak Ada Firasat Syekh Ali Jaber Berpulang untuk Selamanya

Hanif Hawari - detikHot
Jumat, 15 Jan 2021 10:45 WIB
Anak pertama Syekh Ali Jaber, Al Hasan Ali Jaber.
Foto: Hanif Hawari/ Istimewa
Jakarta -

Putra Syekh Ali Jaber, Al Hasan Ali Jaber, mengungkapkan tak memiliki firasat atas kepergian sang ayah. Ia meyakini ayahnya akan pulih.

Syekh Ali Jaber menjalani perawatan di rumah sakit selama kurang lebih 16 hari. Kondisinya sempat kritis kemudian harus dilarikan ke ICU untuk mendapat pantauan yang lebih intensif.

Syekh Ali Jaber akhirnya berpulang pada Kamis (14/1/2021) pukul 08.30 WIB pagi di RS Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta Timur.

"Iya (nggak ada firasat) karena beliau progress-nya setiap hari makin bagus. Nggak nyangka," ungkap Hasan saat ditemui di Pondok Pesantren Daarul Quran, Cipondoh, Tangerang, Banten, Kamis (14/1/2021).

Hasan mengatakan, dirinya selama ini turut menjaga Syekh Ali Jaber di rumah sakit. Ia kemudian menyempatkan dirinya pulang ke Lombok sehari untuk menjenguk keluarganya di sana.

"Saya baru balik satu hari. Karena kan 10 hari saya dengar kondisi beliau baik, akhirnya saya izin balik dulu jenguk orang yang di rumah, karena orang yang di rumah kepikiran juga COVID. Balik dulu besoknya dapat berita drop. Akhirnya dapat berita beliau meninggal," urai Hasan.

Lombok menjadi salah satu tempat istimewa bagi Syekh Ali Jaber. Datang ke Indonesia dari asalnya di Madinah, Syekh Ali Jaber kemudian menetap di Lombok dan menikah dengan seorang perempuan asal daerah tersebut, Umi Nadia.

Di mata Hasan, ayahnya adalah sosok yang tegas. Hal itu ditekankan Syekh Ali Jaber dalam mendidik Hasan soal agama dan bersikap.

"Karena dia tahu saya sudah besar, paham apa yang salah apa yang benar, apa yang harus dikerjain. Cuma yang benar-benar dia tekanin cuma salat. Harus salat karena tiang agama salat. Insyaallah dipermudah di dunia ketika menjaga salat," kisah Hasan.



Simak Video "Firasat 100 Hari Sebelum Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/tia)