Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip Terima Vaksin COVID-19

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 10 Jan 2021 17:12 WIB
SANDRINGHAM, ENGLAND - FEBRUARY 3:  Queen Elizabeth II arrives for a Tree Planting ceremony in the Diamond Jubilee Wood on the Sandringham estate to mark her Diamond jubilee on February 3, 2012 in Sandringham, England. Queen Elizabeth II came to the throne on February 6, 1952 after the death of her father, King George VI. Her coronation took place on June 2, 1953. (Photo by Arthur Edwards/WPA -Pool/Getty Images)
Ratu Elizabeth terima vaksin COVID-19. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Di tengah negara Inggris yang kembali menerapkan lockdown ketat bulan ini, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip dikabarkan sudah menerima vaksin COVID-19.

Kabar itu dibagikan juru bicara Istana Buckingham, seperti dilansir dari ET, Minggu (10/1/2021).

"Ratu dan Duke of Edinburgh hari ini menerima vaksinasi COVID-19," ungkap juru bicara Istana Buckingham.

Seorang sumber kerajaan mengkonfirmasi ratu yang kini berusia 94 tahun dan suaminya yang menginjak usia 99 tahun divaksin oleh dokter rumah tangga di Kastil Windsor. Lokasi itu adalah tempat mereka menghabiskan di tengah pandemi.

Inggris menjadi negara pertama yang memulai vaksinasi secara massal. Seorang sumber juga menuturkan petinggi nomor satu di keluarga kerajaan itu memutuskan untuk menerima vaksin di atas sejumlah tokoh lainnya.

Pekan lalu saat pergantian tahun baru, sang ratu memberikan pesan dan harapan di tengah pandemi. Ia menuturkan hari-hari yang lebih baik sudah dekat.

"Kita harus merasa lega sementara ini, kita mungkin punya banyak hal untuk bertahan. Hari-hari yang lebih baik akan kembali: kita akan bersama teman-teman kita lagi, kita akan bersama keluarga kita lagi, dan bertemu lagi," kata Ratu.

Selama Natal, keluarga kerajaan bersuara dan menyemangati warga Inggris di tengah kabar lonjakan kasus COVID-19 yang semakin tinggi. Natal pun dirayakan dalam suasana sederhana dan tidak lagi terang benderang seperti biasanya.

Ratu Elizabeth II mengatakan meski tahun 2020 memisahkan orang dan keluarga, tapi di satu sisi membuat siapa pun lebih dekat.

"Di seluruh wilayah Persemakmuran, saya dan keluarga terinspirasi oleh cerita mereka yang menjadi sukarelawan di komunitas dan membantu bagi yang membutuhkan," sambungnya.

Dalam keluarga kerajaan Inggris, Pangeran Charles dan Pangeran William dikabarkan sempat terpapar virus Corona pada 2019. Keduanya pun kini sudah sembuh total.

(tia/mau)