Momen Raffi Ahmad dan BCL Divaksinasi Sinovac akan Disiarkan Langsung Juga?

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 08 Jan 2021 13:25 WIB
Bunga Citra Lestari
Momen BCL dan Raffi Ahmad divaksinasi Sinovac akan disiarkan langsung juga? Foto: Instagram @bclsinclair
Jakarta -

Nama Raffi Ahmad dan Bunga Citra Lestari ramai dibicarakan karena tertulis sebagai orang yang akan divaksin pertama kali. Apakah momen Raffi Ahmad dan BCL disuntik vaksin Sinovac akan disiarkan langsung juga seperti Presiden Joko Widodo?

Menyoal hal itu, juru bicara vaksinasi COVID-19 dari Kemkes, dr Siti Nadia Tarmizi, belum bisa memberikan jawaban.

"Nah, tunggu ya," jawabnya kepada detikcom, Jumat (8/1/2021).

Soal adanya nama Raffi Ahmad dan BCL serta daftar penerima vaksin Sinovac pertama yang tersebar luas, Siti Nadia Tarmizi juga sudah memberikan klarifikasi. Menurutnya nama-nama tokoh yang akan mengikuti vaksinasi COVID-19 masih menunggu emergency use authorization (EUA).

EUA adalah persetujuan penggunaan obat atau vaksin yang belum mendapatkan izin edar atau belum disetujui untuk indikasi penggunaan tersebut dalam kondisi darurat atau emergency.

"Slidenya bukan rilis resmi Kemkes ya dan informasi tersebut tidak dapat dijadikan rujukan. Hingga saat ini, pelaksanaan dan tokoh-tokoh yang akan mengikuti vaksinasi COVID-19 perdana masih dalam tahap pembahasan dan kita masih menunggu keluarnya EUA ya," jelas Siti Nadya Tarmizi.

Raffi Ahmad dan Bunga Citra Lestari dalam daftar tersebut, masuk dalam kelompok dua yang merupakan Pengurus Asosiasi Profesi dan 'Key Opinion Leader' Kesehatan. Dituliskan mereka akan jadi kelompok kedua yang divaksinasi Sinovac pada 13 Januari mendatang.

Di kelompok itu tercantum nama Ketua IDI Muhammad Daeng, Ketua PPNI Hanif Fadilah, Ketua PP IBI Emi Nurjasmi, Ahli Vaksin Millenial Dirgayuza Rambe, Ketua Muhammadiyah COVID-19 Commad Centre (MCCC) Agus Syamsudin, Ketua Satgas NU Peduli COVID-19 Muhammad Makky Zamzami, Najwa Shihab, dr. Tirta, Bunga Citra Lestari, dan Raffi Ahmad.

Presiden Joko Widodo akan disuntikan vaksin Sinovac pada 13 Januari 2021. Momen tersebut juga akan disiarkan langsung.

"Iya. Biar masyarakat bisa lihat langsung, memberikan semangat bisa dilanjutkan ke daerah daerah juga. Minimal provinsi, kota-kota besar juga ikut melanjutkan," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Sedangkan dr. Tirta juga akan melakukan live Instagram saat disuntikan vaksin.

[Gambas:Instagram]



"Minggu depan, jika vaksin sudah dikeluarkan izin EUA oleh @bpom_ri , maka saya akan mendapat vaksin sinovac pertama di sleman bareng @dinkessleman
Biar kalian tau, nanti saya instalive, lengkap, dari unboxing, proses, lengkap bosku, macem unboxing sepatu la," tulis dr. Tirta pada postingannya.

"Kenapa sleman? Karena tanah kampung halaman terlama slur Koe ra percoyo? Urusanmu....," tutup dr. Tirta.



Simak Video "Beredar Daftar Artis Penerima Vaksin Pertama, Ini Kata Jubir Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)