Aa Gym Bicara soal Hari Akhir dan Keimanan di Tengah Isu Cerai

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 05 Jan 2021 11:44 WIB
KH Abdullah Gymnastiar, Blak-blakan di Pasaraya Grande, Blok M, Selasa (7/5/2019)
Aa Gym bicara soal keimanan, hari akhir dan masalah di tengah isu cerai dengan Teh Ninih. Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta -

Aa Gym sedang menjadi sorotan. Banyak publik yang ingin tahu soal kebenaran isu dirinya memberikan talak tiga untuk Teh Ninih.

Hingga saat ini, Aa Gym belum memberikan keterangannya mengenai hal tersebut. Namun di media sosial, sang ulama mengunggah beberapa materi mengenai persiapan menghadapi kematian, doa penetapan iman hingga soal mengatasi masalah.

"Sahabatku, Seringkali kita lalai dengan segala sesuatu yang memburuk diri kita, dan yang paling penting terkadang kita pun sering lalai untuk melupakan persiapakan kita dalam menghadapi kematian," tulis Aa Gym.

"Lalu apa saja yang perlu kita persiapkan dalam menghadapi kematian kita?" lanjutnya yang juga menyertakan sebuah video.

[Gambas:Instagram]



Banyak netizen yang kemudian berspekulasi atas hal tersebut. Berbagai komentar pun membanjiri beberapa unggahan di Instagram Aa Gym.

"Kenapa sampai di talak ? Kasihan tetehnya. Sedih, nelangsa...semoga tetehnya tabah...sabar," komentar netizen.

"Mudah berkata yaaa...,tp pencerminan sangat sulit, saya ambil kata2 yg baik dr njenegan meskipun njenejgan sndiri tdk bisa melakukannya....," timpal yang lainnya.

Kabar mengenai Aa Gym memberikan talak tiga ke Teh Ninih disampaikan oleh Muhammad Ghaza, putra pertama Aa Gym dan Teh Ninih. Ia mengungkapkan kondisi hubungan orang tuanya di Facebook.

"Dengan ini saya memberitahukan kepada sahabat-sahabat semua, bahwasannya ibu saya, Ninih Muthmainah telah dicerai talak tiga oleh ayah saya (Aa Gym)," tulis Ghaza.

"Sudah tidak aktif lagi di Pondok Pesantren Daarut Tauhiid. Mohon kiranya kepada para pembaca untuk tidak lagi bertanya kepada ibu saya perihal pesantren karena sudah tidak ada keterkaitan dengan pesantren tersebut. Demikian dan terima kasih," lanjutnya.

Kini, unggahan itu sudah tidak bisa lagi ditemukan. Muhammad Ghaza sudah menghapus tulisannya.

Hal itu ternyata atas saran sang guru. Muhammad Ghaza disebut tidak perlu mengungkapkan hal tersebut karena berkaitan dengan urusan rumah tangga kedua orang tuanya.

Menurut Humas PA Bandung, Subai, saat dikonfirmasi detikcom, belum ada daftar gugatan cerai atas nama Aa Gym maupun Teh Ninih.

"Belum tahu, belum ada atas nama itu," ucap Subai.

(dar/tia)