Olivia Zalianty Pilih Teladani Soekarno Ketimbang Main TikTok

Mauludi Rismoyo - detikHot
Senin, 04 Jan 2021 07:40 WIB
Olivia Zalianty
Olivia Zalianty teladani Soekarno. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Olivia Zalianty bicara soal sosok yang dia kagumi. Rupanya sang aktris pengagum Soekarno.

Olivia Zalianty selalu membaca buku soal Presiden Republik Indonesia pertama tersebut. Buku yang pernah dibacanya sebut saja Sewindu Bersama Bung Karno yang ditulis oleh Bambang Widjanarko, Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat yang ditulis Cindy Adams, dan buku Indonesia Menggugat.

"Dari membaca itulah saya kagum terhadap sosok Bung Karno. Meski tindakan dia di sisi lainnya memunculkan kontroversi, tapi itulah manusia," tutur putri artis Tetty Liz Indriaty dan adik dari Marcella Zalianty itu.

Lebih lanjut bagi Olivia Zalianty, banyak nilai yang diteladaninya dari sosok Soekarno. Menyelami pemikiran tokoh-tokoh perjuangan kebangsaan dan perjuangan kemerdekaan dirasanya lebih berharga ketimbang masa muda dihabiskan dengan bermain TikTok yang tengah digandrungi oleh beragam usia.

"Bagaimana tidak kagum, usia 21 tahun Bung Karno dan kawan-kawan sudah bisa menyatukan 17 ribu pulau menjadi Indonesia. Bayangkan sekarang ini, usia segitu generasi muda masih asyik bermain TikTok," ujar Olivia.

Karena terinspirasi Soekarno, Olivia Zalianty pun saat ini mulai banyak membuat kegiatan dan gerakan sosial. Ia mendirikan Yayasan Generasi Lintas Budaya yang bergerak di bidang lingkungan dan budaya pada tahun lalu.

Selain itu, belum lama ini Olivia Zalianty juga menggelar acara konser amal. Ia menggaet grup musik legendaris Bimbo.

"Tahun ini kegiatan di luar ruang saya kurangi karena pendemi Corona. Pada Mei lalu, kami menggelar acara Konser Amal Berbagi Kasih Virtual bersama Bimbo. Kala itu Bimbo menciptakan dan menyanyikan lagu ciptaan terbarunya berjudul Corona. Sebelum tayang kami sowan ke Ibu Megawati Soekarnoputri meminta beliau berkenan menyampaikan sambutan. Alhamdulillah disambut baik dan beliau mau memberikan sambutan," kata Olivia.

Dari hasil konser amal yang didapatnya mencapai Rp 5 miliar itu, Olivia Zalianty menyalurkan ke seniman dan jurnalis. Ia prihatin melihat kondisi mereka yang terdampak karena pandemi Corona.

(mau/aay)