Kronologi Maia Estianty Terpapar Corona

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Kamis, 31 Des 2020 08:05 WIB
Maia Estianty
Kronologi Maia Estianty terpapar Corona. (Foto: instagram @maiaestiantyreal)
Jakarta -

Artis Maia Estianty sudah mengumumkan bahwa dirinya sempat terkena COVID-19. Hal itu diketahui lewati unggahan akun Instagramnya yang membahana bahwa dirinya sempat positif virus Corona.

"Akhirnya kena Virus Corona jg gw!!!!!" tulis Maia dalam akun Instagramnya juga menyertai unggahan YouTube Aleldul berjudul "MAIA ESTIANTY KENA VIRUS CORONA, KOK BISA???" dilihat detikcom pada Rabu (30/12/2020).

Rupanya dalam YouTubenya, Maia juga bercerita bahwa dirinya sempat kebingungannya hasil tes swab antigen. Lantas Maia merunutkan mengapa dia terkena Corona.

"Awal mula kenapa aku bisa kena COVID-19. Kamis (17/12) aku swab dan hasilnya negatif. Kemudian aku pergi makan malam bersama teman-temanku." ujar Maia dalam Youtube Maia Aleldul TV.

Kemudian Maia juga sempat menjalani tes antigen. Namun saat itu hasilnya kembali negatif, namun usai itu Maia merasa tak jaga jarak, hal itu terjadi usai dirinya makan-makan.

"Nah, kami juga melakukan swab tetapi swab antigen dan hasilnya negatif juga. Pulang dari makan-makan itu karena kita sudah swab, dan kita merasa nggak jaga jarak," beber Maia Estianty.

Sementara itu tiga hari kemudian Maia kembali melakukan swab lagi. Pasalnya dia ada aktivitas kerja sebagai juri acara audisi Indonesian Idol di sebuah stasiun televisi swasta.

"Tiga hari kemudian karena aku ada kewajiban untuk kebutuhan syuting dan sebagai juri Indonesian Idol," kata Maia Estianty.

"Swab lagi Minggu, nah pada saat Minggu itu aku terdeteksi divonis positif COVID-19. Aku kaget, dari mana? Karena Kamis masih negatif (antigen), kenapa jadi positif? Dari siapa ya?" ungkap Maia Estianty agak bingung.

Namun Maia Estianty mencoba menganalisis mengapa dirinya terpapar COVID-19 tersebut. Dia menduga usai melakukan tes antigen dirinya sempat bertemu orang lain yang terpapar COVID-19, yang kemudian dirasanya menjadi positif jika lima hari kemudian.

"Aku membikin analisis mungkin Kamis ketika aku (tes) antigen ada temanku yang sudah terpapar oleh COVID-19, tetapi memang dari swab antigen belum terdeteksi. Jadi swab antigen itu kalau kita bertemu orang yang terpapar, baru terdeteksi itu setelah lima hari ketemu orang yang terpapar Covid tersebut," bebernya.

Namun menurutnya, tes yang paling akurat adalah PCR. Maia pun lebih percaya tes PCR.

"Jadi nggak bisa langsung mendeteksi virusnya. Dan, menurut aku yang paling akurat untuk tes Covid adalah PCR (Polymerase Chain Reaction). Makanya kalau aku lagi liburan ke Bali sama anak-anak, aku nggak pernah antigen tuh. Aku sama keluarga selalu swab PCR," imbuhnya.

Lantaran dinyatakan positif COVID-19 pada malam hari, Maia Estianty akui langsung isolasi mandiri saat itu juga.

"Berhubung hasilnya malam hari, aku start isolasinya juga malam hari di kamar cuma main gadget sampai tidur," pungkasnya.

Tonton video 20Detik terkait Cerita Maia Estianty sempat positif Covid-19 di sini:

[Gambas:Video 20detik]



(fbr/mau)