Baim Wong Palsu Untung Puluhan Juta Rupiah, Pakai untuk Nyabu dan Judi

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 23 Des 2020 08:53 WIB
Rilis kasus Baim Wong Palsu (Dok. Polres Metro Jakpus)
Baim Wong palsu tipu orang dan pakai uang untuk nyabu dan judi Foto: Rilis kasus 'Baim Wong Palsu' (Dok. Polres Metro Jakut)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu Baim Wong mengunggah foto oknum yang mengaku sebagai dirinya diringkus polisi. Baim Wong palsu itu sudah menipu banyak orang dengan menghasilkan puluhan juta rupiah.

Kasus penipuan online tersebut pelaku mencatut nama Baim Wong yang memberikan giveaway. Banyak mendapat laporan penipuan tersebut, akhirnya Polres Metro Jakarta Utara berhasil meringkus dua orang pelaku.

Dalam keterangan persnya, Kapolres Jakarta Utara Kombes Pol Sudjarwoko menjelaskan ada sepuluh orang korban yang sudah terpedaya oleh dua oknum Baim Wong palsu itu. Dua oknum Baim Wong palsu itu juga sudah meraup untung puluhan juta rupiah.

"Sudah ada korban yang bersangkutan dimintai uang dan membuat laporan kepada kita. Jumlah korban sekitar 10 orang, kerugian jutaan rupiah, keuntungannya puluhan juta rupiah," kata Kombes Pol Sudjarwoko.

Dua oknum yang mencatut nama Baim Wong itu, sudah beraksi sejak 27 November 2020. Cara singkat menghasilkan uang yang mereka hasilkan itu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka yang tak wajar.

"Pertama kali pelaku melakukannya pada 27 November 2020. Memenuhi kebutuhan hidupnya, mereka mengonsumsi sabu dan bermain judi," ungkapnya.

Dalam aksinya, pelaku menggunakan media Facebook. Mengiming-imingi hadiah Rp 30 juta, pelaku meminta para korban untuk mentransfer uang sebesar Rp 100 ribu.

"Pelaku melancarkan penipuan di Facebook mengatasnamakan Baim Wong dalam Grup Indonesia Giveaway dengan hadiah Rp 30 juta," ucap Sudjarwoko.

Dua oknum Baim Wong Palsu ini ditangkap saat kegiatan patroli tim Tiger di wilayah Terminal Tanjung Priok, sekitar pukul 02.00 WIB Jumat (11/12/2020). Sempat berusaha menghapus chat dari ponselnya sebagai barang bukti, upaya tersebut bisa digagalkan.

Baim Wong pun sudah mengunggah foto kedua oknum tersebut di feed Instagramnya.

"Banyaknya penipuan atas nama saya .. Ini salah satunya tertangkap.. Mudah2an jera ya.. Inget dosa atuh Bingung jg krn saya sudah sering ingetin kalau saya GA PERNAH minta uang sepeserPUN bahkan sampai meminta no kartu atm kalian(kalau no rek iya..), kalau memang kalian menang acara Indonesia Giveaway, atau jg acara lainnya..Jadilah bangsa yg cerdas , jangan mudah ketipu yaa Terima kasih Team Tiger (Kaya nama anak saya, Tiger Wong)," tulis Baim Wong dalam postingannya.



Simak Video "Baim Wong Unggah Sosok Oknum yang Catut Namanya untuk Penipuan"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/doc)