Profil Deddy Corbuzier, Mentalis yang Banting Stir Jadi Youtuber

Nanda Alifah - detikHot
Kamis, 17 Des 2020 21:25 WIB
Deddy Corbuzier
Deddy Corbuzier, Mentalis yang Banting Stir Jadi Youtuber (Hanif/detikcom)
Jakarta -

Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo atau yang lebih dikenal dengan nama Deddy Corbuzier, mantan mentalis kenamaan Indonesia yang banting stir menjadi Youtuber.

Sejak kecil, Deddy sudah menyukai dunia sulap. Dirinya pun sempat berguru pada beberapa pesulap senior. Beranjak dewasa, Deddy makin mantap memilih sulap sebagai bagian dari hidupnya.

berkat ketekunannya dalam bermain sulap, Deddy pernah dikontrak oleh International Hotel untuk menunjukkan kemampuan sulap saat usianya 18 tahun. Lalu saat mendapat kesempatan berkunjung ke Israel, Deddy mempelajari mental magic. Sejak dari situ, ia mendedikasikan dirinya sebagai seorang mentalist.

Mengawali kariernya sebagai magician sejak1999, Deddy tercatat sebagai pesulap terbaik dunia oleh Asosiasi Pesulap Internasional pada 2010 silam. Ia juga menjadi salah satu pesulap yang mendapatkan penghargaan Merlin Award 2010 sebagai Mentalist of The Year.

Merlin Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada pesulap yang dianggap berdedikasi tinggi atas seni sulap. Deddy juga berkontribusi akan hadirnya pesulap-pesulap terkenal di Tanah Air, di antaranya Demian Aditya hingga Denny Darko.

Deddy juga membuat beberapa acara khusus yang berkaitan dengan sulap seperti Deddy Corbuzier Mind Games, 1604, Mentalist in Action. Acara lain yang juga membuat namanya kembali melambung sebagai salah satu juri yaitu Master Mentalist (RCTI).

Banting Stir Jadi Presenter dan Kreator Konten

Selain sebagai mentalis yang sering tampil dalam berbagai acara sulap dan talk show, Dia juga pernah membintangi sejumlah iklan di televisi dan media cetak. Bahkan, dia juga sempat bermain dalam sejumlah sinetron dan film layar lebar.

Lalu pria kelahiran tahun 76 ini juga mulai melirik bidang lain, salah satunya adalah berbisnis. Dia memilih membuka restoran jepang Takigawa bersama teman-teman artis lainnya.

Pada 2014, Deddy memutuskan untuk rehat dari dunia sulap dan fokus untuk program diet yang ia tekuni, yakni OCD (Obsessive Corbuzier Diet).

Kembali pada 2010 lalu, pria kelahiran 28 Desember 1976 ini dipercaya untuk memandu acara Hitam Putih di Trans7. Selama memandu acara itu, dia kerap didampingi co-host, Chika Jessica. Ia juga sempat memproduksi sebuah film pendek yang berjudul Triangle yang dirilis di kanal YouTubenya.

Setelah mendapatkan respons positif dari publik, Deddy pun beralih dan memulai kariernya di kanal YouTube dengan rajin mengunggah video. Bahkan kini ia juga mendapat julukan 'Father of Youtube' berkat konten-konten yang ia hasilkan. Pada 2015, Deddy mengumumkan pensiun dari dunia sulap. Dia memilih fokus menekuni profesi presenter dan kreator konten.

Di tahun 2017, Deddy meraih penghargaan Panasonic Gobel Awards 2017 sebagai Presenter Talkshow Variety & Entertainment.

Pernah Cerai

Di kehidupan pribadinya, Deddy menikah dengan Kalina Oktarani pada 25 Februari 2005. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai seorang putra bernama Azkanio Nikola Corbuzier.

Namun, pernikahan yang telah dibangun selama kurang lebih 8 tahun, harus berakhir. Deddy dan Kalina pun resmi bercerai, pada 31 Januari 2013.

Saat ini, Deddy Corbuzier diketahui sedang menjalin hubungan asmara dengan finalis Puteri Indonesia 2011, Sabrina Chairunnisa.

Mualaf

Deddy Corbuzier resmi menjadi mualaf setelah mengucapkan dua kalimat syahadat di Madjid Al Mbejaji, Pondok Pesantren Ora Aji, Sleman, Yogyakarta pada hari Jumat 21 Juni 2019 lalu. Deddy mengucapkan dua kalimat syahadat dengan dibimbing langsung oleh Gus Miftah.

Deddy mengaku, jauh sebelum memutuskan menjadi seorang mualaf dirinya sudah berbicara terlebih dahulu dengan Ibunda. Dia juga menegaskan kalau keputusannya untuk menjadi mualaf bukan karena kekasihnya yang beragama Islam.

(dar/dar)