Pilkada 2020, 3 Artis Unggul Sementara di Hasil Real Count KPU

Dicky Ardian - detikHot
Sabtu, 12 Des 2020 09:03 WIB
Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan
Sahrul Gunawan salah satu artis yang unggul di Pilkada 2020. (Foto: Muhammad Iqbal)
Jakarta -

Indonesia baru saja melewati pesta demokrasi berupa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Dari sekian banyak nama yang bertarung memperebutkan posisi utama di sebuah daerah itu, ada nama-nama artis yang ikut menguji peruntungan.

Para artis tersebut adalah Sahrul Gunawan, Adly Fayruz, Lucky Hakim, Iyeth Bustami, David Chalik, Firman Mutakin, hingga Fadia A Rafiq.

Hingga saat ini, tercatat hanya beberapa nama saja yang mampu unggul dari lawan-lawannya. Salah satunya adalah Sahrul Gunawan yang mendampingi Dadang Supriatna untuk maju sebagai Wakil Bupati Kabupaten Bandung.

Dari situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sabtu (12/12/2020), ia memperoleh suara 55,3 persen. Suara itu didapat dari keunggulannya di hampir semua wilayah Kabupaten Bandung, seperti Ciwidey, Soreang, Baleendah, Ciparay, Cicalengka, Nagreg, dan Cileunyi.

Nasib sama juga dialami Lucky Hakim. Ia maju mendampingi Nina Agustin Da'i untuk menjadi pemimpin di Indramayu. Dari hasil perhitungan sementara, pasangan ini memperoleh 36,7 persen suara.

Keunggulan juga sedang berpihak ke Fadia A Rafiq. Putri pedangdut A Rafiq itu berpasangan dengan Riswadi. Pasangan ini mampu mendapatkan suara hingga 57,2 persen dari total 1.121 TPS.

Yang menarik, Riswadi dan Fadia A Rafiq bersaing memperebutkan kemenangan dengan petahana Asi Kholibi dan Sumarwati.

Masih dari perhitungan sementara, Adly Fairuz tampaknya masih jauh dari kemenangan. Ia hanya mampu mengumpulkan suara 11,8 persen bersama Yesi Karya Lianti. Mereka masih kalah jauh perolehan suaranya dengan Cellica Nurrachadi dan Aep (59,1 persen) dan Ahmad Zamakhsyari-Yusni (29,1 persen).

Maju bersama Kaderismanto di Bengkalis, Iyeth Bustami juga masih terseok-seok. Mereka hanya mampu memperoleh suara 20 persen, sedangkan yang terbanyak adalah pasangan Kasmarni dan Bagus Santoso dengan 30,7 persen.

Firman Mutaqin yang maju bersama Ali Mujahidin juga masih berada di posisi ketiga dari empat kandidat. Mereka baru mampu mengumpulkan 21 persen suara.

Di Bukittinggi, David Chalik juga masih berada di urutan terakhir dari total tiga pasangan calon. Bersama Irwandi, ia baru mampu mengumpulkan 14,5 persen suara.

(dar/mau)