Profil Lengkap Dian Sastro, Cucu Pahlawan Indonesia yang Jadi Produser Film

Nanda Alifah - detikHot
Jumat, 11 Des 2020 16:35 WIB
Dian Sastrowardoyo
Dian Sastrowardoyo Foto: dok. Diskoria
Jakarta -

Dian Sastro, aktris dengan segudang prestasi adalah cucu dari seorang pahlawan Prof. Mr. Sunario Satrowardoyo.

Kakek Dian ini merupakan tokoh pergerakan nasional dan pernah mejabat sebagai pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda.

Mualaf

Dian Sastro lahir dan besar dalam lingkungan keluarga non muslim. Kedua orangt uanya beragama Budha dan Katolik.

Namun, beranjak dewasa, Dian Sastrowardoyo rupanya memilih untuk menjadi seorang mualaf. Dia mengucap kalimat syahadat pada 2006 bertepatan dengan hari Isra Mi'raj.

Saat itu, wanita berusia 38 tahun ini disebut masuk Islam karena ingin menikah dengan Maulana Indraguna Sutowo. Namun, Dian menampik dan menyatakan jika dia memilih untuk menjadi muslim karena murni panggilan hati.

Dari Aktris hingga Jadi Produser Film

Diandra Paramita Sastrowardoyo yang lebih populer dengan nama Dian Sastro merupakan artis, model, dan juga bintang iklan.

Dian memulai kariernya sejak 1996 dengan mengikuti ajang GADIS Sampul dari majalah GADIS dan mendapatkan juara pertama. Setelah menjadi GADIS Sampul, kariernya terus menanjak.

Karena menjadi juara, dia langsung dipercaya untuk membintangi film Bintang Jatuh pada 2000 karya Rudi Sujarwo. Pada 2001 Dian kembali bermain peran dalam film Pasir Berbisik. Namanya kian melambung sejak bermain film ini.

Berbagai film yang sudah ia perankan antara lain Ada Apa Dengan Cinta? pada 2002 yang sukses besar. Film itu juga menjadi tombak kebangkitan film Indonesia. Dian Sastro memainkan dengan apik karakter Cinta dan kembali dipercaya bermain dalam sekuel keduanya, Ada Apa Dengan Cinta? 2.

Dalam kedua film tersebut, Dia beradu akting dengan lawan mainnya, Nicholas Saputra. Hingga 2018, Dian Sastro tetap aktif bermain dalam film layar lebar yang berjudul Aruna dan Lidahnya.

Berbagai pengahrgaan telah ia raih, salah satunya adalah penghargaan sebagai artis berbakat pada festival film Asia Pasifik, Kuala Lumpur, Malaysia.

Perempuan asal Jakarta ini juga menjadi produser untuk film pertamanya di 2020 ini, Guru-guru Gokil. Rilis bertepatan pada hari kemerdekaan Indonesia ke-75, 17 Agustus 2020, Film ini berhasil meraih rating 6.2/10 pada situs IMDb.

Kisah Asmara

Sejak bersinar di film AADC, kehidupan pribadi Dian selalu menjadi perhatian. Begitu juga kisah asmaranya. Sejumlah lelaki disebut-sebut pernah dekat dengan Dian, misalnya pembalap Moreno Soeprapto. Tapi sayang kisah cinta mereka tak bertahan lama, keduanya berpisah dan memilih jalan masing-masing.

Dian juga sempat berpacaran dengan Abi Yapto S Soerjosoemarno, anak pengusaha ternama. Hubungan mereka berjalan cukup lama. Kisah cinta itu berakhir Agustus 2006. Meski tak jelas penyebab kandasnya hubungan mereka tetapi, banyak yang menduga karena adanya orang ketiga yang dekat dengan Dian. Tak tahu siapa lelaki yang disebut-sebut membuyarkan hubungan Dian dan Abi. Pada saat yang sama, Dian juga dikabarkan dekat dengan penyiar radio Prambors, Warman Nasution.

Putus dari Abi, Dian lama tak terlihat menggandeng pria. Bintang sabun Lux ini mengaku menikmati masa kesendiriannya itu. Awal November 2009 berhembus kabar jika Dian telah bertunangan dengan kekasihnya, Maulana Indraguna Sutowo.

Dia menikah dengan Indraguna Sutowo pada 18 Mei 2010. Setelah itu, Dian berkonsentrasi pada keluarga dan sekolahnya. Dia juga menyelesaikan kuliahnya di Universitas Indonesia dan sempat menjadi dosen di sana.

(dar/dar)