Ini Gejala yang Dialami Mamah Dedeh Sebelum Positif Corona

Desi Puspasari - detikHot
Kamis, 19 Nov 2020 12:03 WIB
mamah dedeh
gejala yang dialami Mamah Dedeh sebelum dinayatakan positif Corona Foto: Widiya Wiyanti
Jakarta -

Awal mula merasakan tak enak badan, Mamah Dedeh sebenarnya hanya gejala meriang saja. Anak-anaknya pun melihat tak ada gejala Corona pada Mamah Dedeh.

Untuk gejala, Mamah Dedeh tidak memperlihatkan gejala Corona pada umumnya. Kondisinya terlihat lebih seperti gejala tifus. Akan tetapi, saat dilakukan swab di rumah sakit hasilnya positif.

"Kalau COVID itu bingung ya, saya pribadi aja yang saya tahu ya kalau COVID itu (cirinya) batuk, flu gitu ya yang umumnya gitu, Mamah tuh nggak ada. Tapi, Mamah memang badannya agak meriang," ungkap Nisa kepada detikcom melalui sambungan telepon.

"Seperti yang kita tahu pada umumnya kalau gejala COVID itu, batuk, pilek, sakit tenggorokan, nggak (bisa) mencium bau. Nah, setahu aku gejala-gejala ini nggak ada di Mamah, yang terlihat lebih ke lemas kali ya. Tadinya aku curiga mamah sakit tifus karena kecapekan," sambungnya.

Mamah Dedeh di hadapan anak-anaknya juga tidak banyak mengeluh. Tanda-tanda gejala COVID-19 pun tidak terlihat di tubuh Mamah Dedeh.

"Kalau ditanya 'Iya nih nggak enak badan makannya lemas'. Paling gitu jawabnya. Kalau muntah keliatan gitu, nggak ada juga. Batuk juga kan keliatan, nggak ada juga. Terus pilek, nggak ada juga. Atau Mamah ngeluh biasanya masalah sakit tenggorokan nggak juga. Tapi, mungkin memang lebih ke gejala tifus aku lihatnya," ceritanya.

"Kita mikirnya mamah kecapekan karena mamah nggak bisa diam," aku Nisa.

Merasa tidak ada tanda-tanda COVID-19, Mamah Dedeh dibawa ke rumah sakit. Sebelum diperiksa lebih lanjut, Mamah Dedeh harus melakukan swab test dan hasilnya positif.

"Sekali swab positif. Sebenarnya dibawa ke rumah sakit pun bukan kita berpikir COVID, karena kita berpikirnya tadinya ya kita tahu gejalanya di Mamah nggak ada semua.Yaudah mamah dibawa ke rumah sakit. Tujuannya dibawa ke rumah sakit biar ke-detect. Cuma kan sekarang di rumah sakit yang pertama dilakukan itu adalah skrining COVID kan," kata Nisa.

"Ternyata pas diskrining Mamah positif. Itu juga nggak ada persiapan makannya mamah nggak dibawaain apa-apa," ujarnya.

Mamah Dedeh sudah sekitar seminggu berada di rawat di rumah sakit. Nisa menceritakan kondisi Mamah Dedeh saat ini sudah berangsur membaik.



Simak Video "Abdel Ungkap Kondisi Mamah Dedeh Usai Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)