Curhat Colongan Gibran Rakabuming ke Chef Arnold, Pernah Ditipu dan Utang Bank

Mauludi Rismoyo - detikHot
Rabu, 11 Nov 2020 06:00 WIB
Chef Arnold Ngobrol Bareng Gibran Rakabuming, Bahas UKM hingga Makanan Favorit
Gibran Rakabuming curhat colongan soal bisnis. (Foto: youtube Chef Arnold)
Jakarta -

Gibran Rakabuming diajak kolaborasi oleh Chef Arnold untuk channel YouTube-nya. Mereka berbincang soal bisnis.

Gibran Rakabuming memang dikenal sebagai pebisnis yang bergerak di dunia kuliner sebelum akhirnya terjun ke politik. Ia mengaku sebelum bisa berdiri tegak di dunia tersebut, dirinya banyak alami kegagalan.

Anak pertama Presiden Joko Widodo itu mengaku pernah ditipu orang. Selain itu, dulu Gibran Rakabuming juga pernah utang ke bank.

"Ya banyak. Kita kalau yang namanya pengusaha pasti sering mengalami kegagalan, ditipu orang, atau pegawai resign bikin brand sendiri itu sesuatu hal yang biasa. Utang bank, nggak bisa angsur bunga, itu hal yang biasa. Tapi saat ini sudah settle," ujar Gibran dalam video.

Chef Arnold meledek Gibran Rakabuming sedang curhat colongan. Namun, Gibran menepis hal tersebut.

Kakak Kaesang Pangarep itu menilai terjun dunia bisnis pasti pernah mengalami ditipu orang. Gibran Rakabuming sekali lagi tak menampik belajar dari bawah untuk urusan usaha.

"Loh itu kan hal yang biasa. Kita juga pasti ada naik turunnya, namanya bisnis seperti itu. Namanya kehidupan seperti itu bukan cuma di dunia bisnis, ya semua aspek kehidupan," tutur Gibran.

Gibran Rakabuming mengatakan saat ini sudah menyerahkan bisnisnya ke Kaesang Pangarep. Bapak dua anak itu percaya adiknya bisa memajukan kuliner Indonesia.

"Nggak pernah (berantem), soalnya saya sudah percaya sih sama adik saya. Ya biarkan yang lebih muda yang berkarya, melanjutkan legacy," kata Gibran.

Gibran Rakabuming mengaku saat ini sudah beralih fungsi. Tak lagi pebisnis, ia mau fokus mengabdi ke masyarakat.

"Saya juga sekarang memutuskan untuk lebih fokus ke pengabdian ke masyarakat. Saya kira sekarang sudah waktunya yang lebih muda dari saya berkreasi, saya sudah pensiun dulu dari dunia bisnis untuk sementara," ujar Gibran.

(mau/doc)