Para Ustaz Sambut Kepulangan Habib Rizieq

Pingkan Anggraini - detikHot
Rabu, 04 Nov 2020 17:29 WIB
Rizieq Shihab, leader of the Indonesian hardline Muslim group FPI (Front Pembela Islam or Islamic Defender Front), arrives at the police headquarters in Jakarta on January 23, 2017. - Shihab was summoned as a witness by police over allegations he insulted rupiah bank notes by saying they contained communist symbols. (Photo by ADEK BERRY / AFP)
kepulangan Habib Rizieq disambut para ustaz Foto: AFP/ADEK BERRY
Jakarta -

Kepulangan Habib Rizieq sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian masyarakat muslim. Tak terkecuali bagi Sholeh Mahmoed Nasution.

Pria yang akrab disapa Ustaz Solmed itu mengaku bahagia saat mendengar kabar bahagia tersebut. Sebab, Habib Rizieq sudah bertahun-tahun tidak pulang ke Indonesia.

"Tentunya saya pribadi ikut bergembira, ikut berbahagia atas kedatangan dan kepulangan Habib Rizieq dari kota Mekkah setelah sekian tahun beliau ada di sana," kata Ustaz Solmed saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Rabu (4/11/2020).

Ustaz Solmed pun tak mengetahui apa alasan pasti Habib Rizieq akhirnya mau pulang ke Indonesia. Padahal sebelumnya, ia enggan kembali ke Tanah Air karena tak ingin adanya perpecahan antarkelompok. Pasalnya, rentetan ancaman dan teror berada di sekelilingnya dan umatnya. Kemudian alasan lainnya adalah Habib Rizieq tak diizinkan untuk keluar dari Saudi Arab.

Namun seperti diketahui, Habib Rizieq akan menggelar pesta pernikahan putri keempatnya, Syarifah Najwa Shihab. Acara digelar di Markas FPI Petamburan, Jakarta Pusat, pasa Sabtu 14 November 2020. Kemudian pada malam harinya, ia akan menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Saya pribadi sih masih belum tahu ya, artinya yang selama ini terjadi apa adanya diblokir atau apa tentu saya tidak paham itu ya. Yang terjadi pada sesungguhnya itu seperti apa. Yang jelas, ya kita tentu sebagai umat Islam, beliau sebagai ulama. Kembali ke Tanah Air, ya kita akan sambut dengan penuh suka cita, kita akan sambut dengan penuh bahagia. Terlepas kemudian kenapa selama ini beliau tidak bisa kembali ke Tanah Air, nah itu sesuatu yang saya pribadi juga tidak tahu," papar Ustaz Solmed.

Kepulangan Habib Rizieq tentunya menjadi kabar yang sangat besar. Pada hari H, lokasi Bandara Soekarno-Hatta diprediksi akan dipenuhi oleh keramaian para pendukung Habib Rizieq.

"Ya artinya informasi ini sudah menyebar ke mana-mana tentunya kan. Tinggal bagaimana respons masyarakat atau umat untuk menyambut kepulangan Habib Rizieq, ya tentunya kita belum bisa memastikan keadaannya seperti apa," imbuh Ustaz Solmed.

"Kalau melihat euforia kangen, ini kan orang sudah bertahun-tahun tidak ketemu. Euforianya pasti luar biasa menyambut kedatangan beliau dari Tanah Suci ke Tanah Air. Kita udah bisa bayangkan. Artinya bicara ramai mah insyaallah kemungkinan ramai. Tapi yang kita harapkan tentu menjaga keamanan, tetap menjaga ketertiban," pungkasnya.

Sebelumnya, Ustaz Yusuf Mansur juga mengaku bakal menyambut kepulangan Habib Rizieq. Ia juga mengingat pernah ditolong oleh Rizieq Shihab.

"Beliau pernah manggil saya. Saat saya dijelekin dan disudutkan oleh sekelompok orang. Ulama2 senior dikumpulkan dan saya diminta menjelaskan tentang hal2 yang dijelekkan dan disudutkan itu. Adil banget. Saya diundang. Dan yg menjelekkan dan yg menyudutkan, dipanggil. Mereka membuat buku2 berisi fitnah2 ttg saya. Buku2 itu disebar ke banyak ulama dan termasuk ke Habib. Dan mereka melaporkan saya ke berbagai kepolisian. Habib berusaha mencari tau dan mengklarifikasi," kata Ustaz Yusuf Mansur.

"Saya alhamdulillaah datang. Dan mereka ga datang. Ini kejadian sekian tahun yang lalu. Setelah menjelaskan apa adanya... Habib berdiri. Diikuti oleh semua ulama yang diundangnya. Habib memeluk saya. "Antum bener, Suf... Karena sederhana aja. Antum datang. Antum berani datang. Sedangkan dia dan mereka ga datang...". Ulama2 lain, senior, gantian memeluk saya. Terasa sekali dukungan dan kasih sayang Habib dan ulama2. Saya tetep ada salahnya. Dan saya jelaskan saya salahnya di mana. Bukan ga ada kesalahan. Tapi Habib tetap menghargai, dan itu simbol, bagi ulama2 lain, u/ juga jadinya menerima saya dan ga salah sangka dengan saya, sebab tulisan dan berita orang2 itu. Izin Allah," bebernya.



Simak Video "Pedemo Berdarah di Cempaka Putih, Polisi: Kena Lemparan Batu"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/nu2)