Bintang Emon Sindir Proyek Jurassic Park Pulau Komodo: Duitin Aja Semua!

Tim detikcom - detikHot
Senin, 26 Okt 2020 15:18 WIB
Bintang Emon
Bintang Emon sindir proyek Jurassic Park Pulau Komodo. Foto: Dok. Instagram/bintangemon
Jakarta -

Pulau Komodo sedang mendapat perhatian banyak orang. Hal itu karena adanya proyek Jurassic Park yang sedang berjalan.

Proyek tersebut lebih tepatnya berada di Pulau Rinca di Labuan Bajo. Oleh pemerintah, Pulau Rinca masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) oleh Presiden Joko Widodo.

Belakangan, Pulau Rinca mendapatkan sorotan setelah beredar foto komodo yang menghadang truk proyek di sana. Pulau Rinca merupakan salah satu dari tiga pulau yang masuk taman Nasional Komodo, dua lainnya Pulau Padar dan Pulau Komodo.

Atas hal tersebut, Bintang Emon, komika yang begitu vokal dengan beberapa isu yang ramai, melancarkan sindirian. Ia menyebut pembangunan itu cuma akan menguntungkan pihan investor.

Belum cukup, Bintang Emon juga mengatakan penduduk lokal nantinya akan mendapatkan upah sebagai buruh.

"Ambil aja bos semuanya, duitin aja semuanya. Pulau Komodo, bikin bangunan yang akan buat kaya investor yang nggak tahu orang mana tuh," kicaunya pada Senin (26/10/2020).

"Orang lokal biarin dapat duit dari kerja kasar aja. Ayo kerja, kerja, kerja," imbuhnya menyindir.

Bintang EmonBintang Emon Sindir Proyek Jurassic Park Pulau Komodo: Duitin Aja Semua! Foto: Dok. Instagram/bintangemon

Bintang Emon juga mengibaratkan komodo sebagai hewan yang tidak bisa protes saat habitatnya diusik.

"Komodo yang nggak ngelawan penguasa aja rumahnya digusur. Apalagi kamu, hey," ungkapnya.

Senada dengan Bintang Emon, Fiersa Besari juga menyuarakan sindiran yang sama. Ia juga mengibaratkan komodo sebagai hewan yang menjadi korban.

"Apa yang mau diharapkan? Manusia aja dicuekin, apalagi komodo," katanya.

Sejak 2019, Presiden Joko Widodo menyampaikan keinginan untuk menata total kawasan zona pemanfaatan di Pulau Rinca, yaitu untuk memfasilitasi dan meningkatkan pariwisata dan penelitian di Loh Buaya, 1 dari 45 Loh (sarang komodo) yang ada di Pulau Rinca.

Dalam prosesnya, pemerintah berencana membangun kawasan itu dengan tema Jurassic Park. Penataan menjadi Jurassic Park Pulau Rinca itu dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Lewat Direktorat Cipta Karya KemenPUPR merilis desain akhir Pulau Rinca.

Disebutkan pembangunan di Pulau Rinca yang akan disulap ala Jurassic Park itu pada area Loh Buaya. Di area itu dibangun Tourism Information Center seluas 4.000 meter persegi. Bangunan ini terintegrasi dengan elevated deck, kantor resort, guest house, dan kafetaria.

Pembangunan Pulau Rinca direncanakan selesai sekitar bulan Maret tahun depan. Pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp 902,47 miliar dalam anggaran 2020 untuk mengerjakan 43 paket kegiatan infrastruktur di KSPN Labuan Bajo.



Simak Video "Jurassic Park Vs Komodo"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/wes)