Kini Seksi, Prisa Rianzi Pernah Obesitas 100 Kg

Mauludi Rismoyo - detikHot
Kamis, 15 Okt 2020 18:02 WIB
Prisa Rianzi
Prisa Rianzi pernah obesitas. (Foto: Dok. Instagram/prisarianzi)
Jakarta -

Prisa Rianzi banyak dinilai tetap seksi meski sudah punya anak. Tapi ada fakta yang baru diketahui oleh banyak orang yang diungkap sang musisi.

Prisa Rianzi mengaku dulu pernah obesitas. Berat badannya pada tujuh tahun lalu mencapai 100 kg.

"Saya Prisa Rianzi. Seorang survivor autoimune, sebelumnya mengalami obesitas, dan dengan osteoartritis lutut. 7 tahun yang lalu, berat saya 100 kg, dan mengalami masalah pernapasan. Autoimun saya sangat buruk dan dirawat di rumah sakit setiap bulan, jadi harus bergantung pada obat steroid yang diresepkan. Osteoartritis lutut saya juga parah, saya bahkan tidak bisa naik tangga tanpa rasa sakit yang menyiksa," tulis Prisa dalam bahasa Inggris di Instagram.

Saat bertubuh gemuk, wanita yang pernah berduet bareng J-Rocks dalam lagu Kau Curi Lagi itu memutuskan untuk pergi ke gym. Ia juga mengaku kerap dipandang rendah oleh orang lain saat obesitas.

"Pergi ke gym untuk pertama kalinya sangat menegangkan bagi saya. Melihat semua orang bugar berlatih, sementara saya bahkan tidak bisa menggunakan treadmill karena lutut saya sakit. Pelatihan saya sangat, sangat terbatas saat itu karena saya bahkan tidak bisa berdiri lama. Saya sangat gemuk dan jelek, dipandang rendah dan diintimidasi adalah hal yang sehari-hari bagi saya," ujar Prisa.

Bertekad untuk kurus, Prisa Rianzi berjuang begitu keras dengan olahraga. Sempat coba diet, justru ia merasa kondisi kesehatannya memburuk.

"Tapi, semua drama itu tidak akan menghentikan saya dari perjuangan saya, saya perlu memperbaiki kesehatan saya, ini pertarungan saya, saya melakukan ini untuk saya. Jadi, saya TIDAK. PERNAH. BERHENTI. Mengalami banyak cedera saat mencoba memaksakan diri di gym dan mencoba berbagai jenis diet yang membawa saya pada kesehatan yang buruk. Tapi saya belajar. Saya bangun lagi, saya muncul lagi, apa pun yang terjadi. Saya terus membuat kemajuan," tutur Prisa.

Kini badan Prisa Rianzi turun drastis. Ia juga mengaku autoimunnya belakangan tak kambuh imbas cara hidup yang sehat.

"Saya di sini hari ini, 50kg lebih rendah (kehilangan setengah dari massa tubuh saya) secara alami. Tidak kambuh autoimun saya dalam 2 tahun, asma saya hilang, dan saya yang terkuat yang pernah saya alami dalam hidup saya. Saya berharap saya tahu tentang kebugaran lebih awal dalam hidup, jadi saya tidak harus melalui masa-masa sulit itu. Tapi terlambat selalu lebih baik daripada TIDAK PERNAH," kata Prisa.

[Gambas:Instagram]

Prisa Rianzi juga memberikan dorongan kepada yang lain untuk melakukan transformasi. Ia tak puas meski sudah mendapatkan tubuh kurus.

"Anda juga mampu melakukan TRANSFORMASI. Anda juga pantas mendapatkan KEMENANGAN itu. JANGAN TUNGGU. LAKUKAN UNTUK ANDA. Kabar baiknya adalah, ini bukanlah akhir dari perjalanan kebugaran saya. Saya baru saja MULAI," ujar Prisa.

Saat cerita soal obesitas, Prisa Rianzi juga menunjukkan foto dulu dirinya gemuk. Terlihat ia sedang menggendong anak dan netizen ramai menyukai.

(mau/nu2)