Ayahnya Selalu Sibuk, Raline Shah Cuma Ingin Bilang Hal Ini

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 11 Okt 2020 16:40 WIB
Raline Shah di  jumpa pers dan peluncuran trailer film Terpana.
Foto: Noel/detikHOT
Jakarta -

Raline Shah amat terbuka soal hubungannya dengan sang ayah yang disebutnya rumit. Dia juga bilang bahwa ayahnya selalu sibuk. Karena itu, Raline Shah ingin menyampaikan sesuatu.

"Aku mau bilang terima kasih, karena memberikan hidup ini ke aku," kata Raline Shah.

Ungkapan itu diutarakannya ketika mengobrol dengan Daniel Mananta di YouTube Daniel Mananta Network. Raline Shah tampak nyaman bercerita tentang bagaimana kehidupannya sebagai sosok yang selalu dianggap punya privilase.

Namun di satu sisi, dia merasa bahwa dia dan ayahnya belum pernah bicara dari hati ke hati. Raline Shah juga bilang bahwa sang ayah punya bahasa cinta yang berbeda buat dirinya.

"Aku besar dengan kondisi melihat seseorang berurusan, tapi nggak terlalu kayak (nanya) apa kabar, gimana perasaan kamu? Dia nggak pernah nanya gimana perasaan kamu? Setiap kali kontak dia, dia juga kayak, kamu butuh apa? Gitu. Bahasa cintanya tuh kayak ngasih hadiah atau uang dan aku sadar bahwa cinta itu bukan uang. Cinta itu berbuat baik dan perhatian. Tapi kan kita kalau kecil kan kita nggak ngerti, jadi kita lama-lama jadi mikir, kalau kita butuh bantu orang (bisa dengan tinggal ngasih uang) karena itulah yang aku lihat," ujar Raline.

Sang aktris sedikit menyayangkan bahasa cinta sang ayah. Menurutnya, yang dibutuhkan oleh seorang anak bukan hanya itu. Tetapi keeratan hubungan yang dibangun dengan kemauan, keluangan waktu, dan perhatian.

"Waktu anak-anak, hubungan itu kan terjadi karena kebutuhan. Jadi kenapa anak perempuan lebih dekat dengan ibunya karena ibunya memberi susu dan makanan dan semuanya. Dan kalau dia melakukan itu dengan cinta, sampai besar cinta itu juga akan ada. Jadi kalau kebutuhan itu sudah nggak ada lagi, kayak sekarang kan aku udah nggak butuh ayah aku. Ayah aku juga sebenarnya nggak butuh aku. Karena kita sudah dewasa. Tapi kan kalau ada goodwill dari awal, ada time, dan attention di mana kita bonding kan hubungan itu akan berkembang," katanya.

Raline Shah kemudian dibeikan waktu oleh Daniel Mananta buat menyampaikan sesuatu untuk ayahnya. Pemeran film Orang Kaya Baru itu mengutarakan serangkaian kalimat yang berisi ungkapan terima kasih.

"Terima kasih sudah menunjukkan arti hidup sebenarnya, maksudnya menunjukkan aku dengan cara dia berbisnis, berteman, bagaimana memperlakukan orang, karena dia sangat baik dan dermawan. Terima kasih buat hal-hal yang baik dan juga terima kasih atas hal-hal yang buruk, karena itu aku semakin kuat. Aku ingin bilang ke dia, kita semua manusia dan terima kasih karena akhirnya aku menyadari bahwa kita semua manusia," tandasnya.

(aay/mau)