NOAH Donasi Rp 700 Juta untuk Kru Band di Indonesia

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 07 Okt 2020 21:04 WIB
NOAH saat berkunjung ke kantor detikcom.
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

NOAH menyerahkan donasi yang telah mereka kumpulkan untuk kru band di seluruh Indonesia yang perekonomiannya terdampak oleh pandemi COVID-19 pada Rabu (7/10/2020). Total donasi yang disalurkan adalah sebesar Rp 700 Juta.

Sebelumnya, band yang beranggotakan Ariel (vokal), David (kibor) dan Lukman (gitar) itu telah melakukan pelelangan piringan hitam Gold Edition dari album Keterkaitan Keterikatan di perayaan hari jadi mereka yang ke-8 pada 16 September 2020.

"Karena semua terkena dampak pandemi, memang tidak semua dapat dilihat, salah satu yang nggak terlihat itu kan di industri kita," ujar Ariel dalam konferensi pers virtual.

"Jadi senang banget, ternyata ada yang ikut menyumbang padahal dia nggak dapet (piringan hitam) tapi tetap kasih donasi. Berarti kan memang pengen niat untuk donasi," jelas dia lagi.

Angka Rp 700 juta itu tidak hanya bersumber dari kegiatan lelang. Piringan hitam dari NOAH mulanya terjual di angka Rp 260 Juta. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina menjadi pemenang dari lelang tersebut.

Akan tetapi, selain itu, NOAH juga mendapatkan donasi dari peserta lelang bernama Edy yang berasal dari Tasikmalaya sebesar Rp 200 Juta. Ariel juga ikut melelang gelangnya dan dimenangkan dengan harga Rp 10 Juta.

Kemudian Raffi Ahmad atas nama RANS Entertainment memberi lagi donasi sebesar Rp 50 juta serta Rp 40 juta atas nama Rafathar. Sedangkan Musica selaku label rekaman yang menaungi NOAH juga memberikan donasi sebesar Rp 100 Juta.

"Raffi (Ahmad) seneng banget sama musik, jadi ini sangat related buat dia. Dari situ kali berangkat niat baik juga," tutur Ariel.

Sebagai pihak penerima donasi, Abdul Azis dari Road Manager Indonesia (RMI) mengungkapkan nantinya donasi tersebut akan disalurkan pada anggotanya. Hingga kini tercatat ada 580 kru dari band dan solois yang tergabung dalam RMI.

"Untuk teman-teman kru semua di luar sana, selalu banyak berdoa supaya pandemi berakhir. Semangat terus jangan nyerah, terus cari kreativitas atau kerjaan yang bisa dikerjain aja," ujar Abdul Azis.

(srs/aay)