7 Selebriti yang Blak-blakan soal Pindah Agama

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 02 Okt 2020 08:40 WIB
HOLLYWOOD, CA - FEBRUARY 26:  Actor Andrew Garfield attends the 89th Annual Academy Awards at Hollywood & Highland Center on February 26, 2017 in Hollywood, California.  (Photo by Frazer Harrison/Getty Images)
Andrew Garfield / Foto: Frazer Harrison/Getty Images
Jakarta -

Beberapa selebriti membuka tentang pengalaman keyakinan mereka. Beberapa sangat terbuka tentang agama yang mereka anut.

Perjalanan mereka memeluk keyakinan yang mereka pilih pun datang dari beragam cara. Di antaranya lewat peran mereka di film. Berikut deretan selebriti itu di antaranya:

1. Andrew Garfield Jatuh Cinta pada Yesus

Andrew Garfield memerankan seorang pendeta dalam film Silence. Karena perannya itu, ia mempelajari ajaran Kristen. Padahal selama ini dirinya tak menganggap dirinya sebagai pemeluk Kristiani.

Ia mengatakan, pengalamannya itu membawanya tertarik pada ajaran Kristen dan Yesus.

"Itu adalah hal yang paling mengejutkan... Itu adalah hal yang paling luar biasa - jatuh cinta, dan betapa mudahnya untuk jatuh cinta kepada Yesus," ungkapnya dilansir dari Insider.

Dalam peran ini, Andrew Garfield dibantu oleh seorang pastur yang membantunya memahami sosok Tuhan.

"Dia memberi saya arahan spiritual seolah-olah saya adalah seorang Yesuit dalam pelatihan," katanya. "Ini menjadi perjalanan yang sangat pribadi bagi saya."

2. Shia LaBeouf menemukan Tuhan lewat film Fury

Shia LaBeouf besar dari sang ibu seorang Yahudi dan ayahnya pemeluk Kristen. Namun ia merasa menjadi Kristen sepenuhnya usai dirinya berperan dalam drama perang, Fury (2014).

"Saya menemukan Tuhan saat syuting film Fury. Saya benar-benar menjadi pemeluk Kristiani karena keterlibatan saya di film itu," ungkapnya.

Dalam film yang dibintangi Brad Pitt itu, Shia LaBeouf berperan sebagai seorang tentara yang dijuluki Bible. Ia kerap membaca Injil dan berdakwah di depan rekan dalam kelompok pasukannya.

"Namun yang aku lakukan tak hanya sekadar membaca ayat-ayat tersebut. Ia juga menyelamatkanku," tukasnya.

3. Madonna dalami Kabbalah

Madonna diketahui pemeluk Judaisme namun ia terbuka soal pengalamannya mendalami keyakinan yang lain. Dalam sebuah wawancara dengan Harper Bazaar, dirinya mengaku mempelajari salah satu ajaran Yahudi, Kabbalah.

"Ketika dunia mengetahui saya sedang mempelajari Kabbalah, saya dituduh bergabung dengan sekte sesat," kata Madonna saat itu.

"Mempelajari penafsiran mistik Perjanjian Lama dan mencoba memahami rahasia alam semesta adalah hal yang tidak berbahaya untuk dilakukan. Saya tidak menyakiti siapa pun. Hanya pergi ke kelas, mencatat di buku catatan spiral, merenungkan masa depan saya. Saya sebenarnya berusaha menjadi orang yang lebih baik," katanya lagi.

Dia berkata, "Saya membangun sekolah untuk anak perempuan di negara-negara Islam dan mempelajari Alquran. Saya pikir penting untuk mempelajari semua kitab suci. Seperti yang selalu dikatakan teman saya Yaman, seorang Muslim yang baik adalah seorang Yahudi yang baik, dan seorang Yahudi yang baik adalah seorang Kristen yang baik, dan seterusnya. Saya sangat setuju," tukasnya.


4. Julia Roberts memeluk Hindu

Seperti Andrew Garfield dan Shia LaBeouf, keterlibatan di sebuah film, membuat Julia Roberts tertarik mendalami keyakinan Hindu. Sebelumnya sang aktris adalah pemeluk Katolik.

Keterbukaan Julia Roberts tentang keyakinan tersebut diungkapkannya usai syuting film Eat, Pray, Love.

"Saya seorang penganut Hindu. Karena dalam Hindu mempercayai pada kelahiran kembali), saya ingin menjadi sesuatu yang tenang setelah tekanan gaya hidup yang saya jalani sebagai selebriti," katanya dilansir Times of India.

Dalam Eat, Pray and Love, yang diproduksi oleh Brad Pitt, yang didasarkan pada buku terlaris oleh Elizabeth Gilbert, Julia berperan sebagai wanita yang baru saja bercerai dan memutuskan berkeliling dunia mencoba menemukan dirinya sendiri. Dia mengunjungi Italia untuk makan, India untuk spiritualitas dan Bali, di mana dia menemukan cinta.

5. Mark Wahlberg memeluk Katolik

Bintang Transformers ini meyakini ajaran Katolik. Dalam wawancaranya dengan Parade, Mark Wahlberg mengaku dirinya adalah umat yang taat terhadap ajaran agamanya.

"Itu adalah bagian terpenting dalam hidupku. Aku tidak mencoba memaksakannya pada siapapun dan aku tidak berusaha menyembunyikannya." ujarnya.

Mark mengatakan dirinya selalu menyempatkan untuk pergi ke gereja setiap hari.

"Begitulah cara saya memulai hari saya. Saya suka berada di sana selama sekitar 15 atau 20 menit - berdoa," tukasnya.

6. Tom Cruise dan Scientology

Tom Cruise menjadi salah satu pesohor yang terbuka tentang keyakinannya terhadap Scientology. Ia menjabarkan tentang keyakinannya tersebut dalam sebuah perbincangan di tahun 2015.

"Scientology adalah sesuatu yang tidak Anda mengerti," katanya.

"Ini seperti, Anda bisa menjadi seorang Kristen dan menjadi seorang Ilmuwan," tukas Cruise. Tom dikenal sebagai salah satu penganut yang mendapatkan tempat khusus dalam Scientology. Dirinya menjadi sosok yang mewakili agama ini untuk dikenal banyak orang.

7. Mahershala Ali memeluk Islam

Mahershala Ali merupakan aktor Hollywood yang memeluk agama Islam. Ia terlahir dari orang tua pemeluk Kristen.

Dalam sebuah perbincangan di sebuah podcast, Ali mengungkapkan pengalaman yang membuatnya berpindah keyakinan. Saat mengunjungi sebuah masjid, ia tersentuh mendengar suara azan.

"Saya merasakan getaran yang sangat kuat mendengar suara azan berkumandang. Saya sempat menangis, seminggu kemudian saya memutuskan kembali mendatangi masjid itu dan di hari itu juga saya memutuskan menjadi mualaf," ungkapnya di podcast berjudul Death, Sex & Money.

Meski memiliki keyakinan yang berbeda, orang tuanya menerima keputusan tersebut.

Ayahnya adalah seorang pendeta sekaligus pemain peran yang kerap tampil di broadway. Kemampuan seni peran yang ia miliki agaknya menurun dari sang ayah.



Simak Video "Geser Taylor Swift, Ariana Grande Musisi Wanita Termahal di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/dal)