Kenangan Yopie Latul dengan Didi Kempot

Nugraha - detikHot
Rabu, 09 Sep 2020 19:00 WIB
Yopie Latul
Kenangan Yopie Latul dengan Didi Kempot. (Foto: Dok. Instagram)
Jakarta -

Yopie Latul jadi musisi yang mengangkat lagu daerah ke kelas nasional. Ia bahkan sempat ingin membuat trio bersama Didi Kempot dan Victor Hutabarat.

Trio tersebut direncanakan untuk tampil dalam konser Ambyar Tak Jogeti sebagai 30 tahun Lord Didi Berkarya. Yopie Latul pernah menulis kenangan bersama Didi Kempot di Instagramnya.

"Almarhun Didi Kempot bahkan sempat menyebut akan membentuk trio bersama Yopie Latul dan Victor Hutabarat dalam konser Ambyar Tak Jogeti-30 tahun Lord Didi Berkarya," tulis Yopie di media sosialnya pada Juni 2020.

Ide ini tercetus karena ketiga seniman ini sangat berkomitmen mempopulerkan lagu daerah dan memiliki keunikan tersendiri, serta memiliki penggemar setia di daerah masing-masing.

Konser Ambyar Tak Jogeti - Tribute to Didi Kempot adalah harapan sebuah awal kebangkitan lagu-lagu daerah bisa berjaya di negeri sendiri.

"Saya berbahagia sekali, Didi yang sudah mengangkat lagu daerah Jawa menjadi hits lagi sekarang. Dari dulu kita punya lagu daerah tetapi kurang diminati, sekarang semuanya berubah dari yang muda sampai tua sekarang mendengarkan lagu daerah. Semoga dengan apa yang telah Didi Kempot lakukan sampai saat ini, kita bisa saling mendukung agar lagu lagu daerah lainnya dapat diminati. Saya berharap musik daerah dapat mempersatukan kita. Dari Sabang sampai Merauke bisa bersatu," tulisnya.

Yopie Latul kini sudah menyusul Didi Kempot menghadap Sang Khalik. Ia meninggal dunia di usia 65 tahun, Rabu (9/9/2020), pukul 15.32 WIB di RS Cibinong. Yopie Latul sebelumnya dirawat selama tiga hari setelah positif COVID-19.

Didi Kempot meninggal dunia Selasa (5/5/2020) di RS Kasih Ibu Solo. Pelantun lagu-lagu campursari kenamaan tersebut meninggal pada usia 53 tahun.

Sementara Yopie Latul besar karena lagu house music. Ambyar Tak Jogeti sendiri dijadwalkan untuk digelar di Stadion GBK pada 14 November mendatang. Tapi Tuhan berkehendak lain, selamat jalan Yopie Latul, sang maestro Poco-Poco.

(nu2/mau)