Wawancara Eksklusif

Cerita Nowela Idol Bantu Papua Tangani COVID-19

Pingkan Anggraini - detikHot
Rabu, 09 Sep 2020 16:25 WIB
Nowela
Nowela cerita soal bantuan untuk Papua. Foto: Pingkan (detikHOT)
Jakarta -

Pandemi Corona masih menjadi momok yang mengerikan bagi masyarakat. Salah satunya daerah Indonesia Timur, khususnya Papua.

Keadaan itu kemudian sempat melirik perhatian Nowela Idol yang juga memang lahir di tanah Papua.

Nowela bersama teman-temannya tergerak dalam melakukan aksi bakti sosial untuk Papua. Beberapa saat lalu, Nowela tampak tengah membagikan APD ke sejumlah rumah sakit dan puskesmas di Papua.

Terkait dengan hal ini, Nowela pun sempat menceritakan gerakan aksi sosialnya kepada detikcom saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan.

"Ya awalnya aku kecil juga di Papua dan aku melihat sendiri bentuk kemiskinan. Terus betapa kurangnya ya kebutuhan di sana," ujar Nowela.

"Terus kayak kemarin waktu pandemi aku udah sangat paham kalau pasti Papua ini sangat-sangat kekurangan APD. Kalau kita yang di Jawa aja kekurangan apalagi kita di Papua yang jelas-jelas jauh banget dari peradaban," sambungnya.

Dalam hal ini Nowela juga turut mengajak beberapa teman musisinya untuk ikut terlibat. Nowela juga bekerja sama dengan salah satu platform aksi sosial yang dipercayanya dalam gerakannya ini.

"Karena tergerak dari hal itu ya, aku bersama teman-teman musisi aku ngumpulin donasi untuk aku bekerjasama dengan platform kitabisa.com. Kumpulin untuk bisa beli APD yang aku salurkan langsung ke rumah sakit yang membutuhkan," sambungnya lagi.

Dalam hal ini, Nowela juga mengaku banyak terjun langsung dari mulai pembelanjaan kebutuhan hingga survei ke sejumlah rumah sakit yang membutuhkan bantuan.

Hal itu ia lakukan lantaran ingin memastikan usahanya tersebut tepat sasaran.

"Aku posting di Instagram rumah sakit mana yang membutuhkan, rumah sakitnya aku telepon kebutuhannya apa, itu yang aku belanjain. Jadi aku maunya tepat sasaran kalau aku nggak mau nggak tepat sasaran jadi nanti sampai sana nggak dipakai gitu kan," lanjutnya.

Lebih lanjut, Nowela juga menjelaskan berapa jumlah uang yang didapatkan dan dialokasikan ke kebutuhan rumah sakit.

Nowela juga menyebutkan jumlah rumah sakit dan puskesmas yang ia bantu dalam urusan kelengkapan APD di masa pandemi Corona ini.

"Jadi waktu itu kita puji Tuhan ada sekitar tujuh atau sembilan rumah sakit dan puskesmas lah yang kita kasih gitu ya. Terus puji Tuhan aku distribusiin semuanya bahkan sampai ke kargonya aku sendiri. Aku yang bayar sendiri. Jadi kemarin tuh kita terkumpul sekitar Rp 53 juta yang aku beliin APD," tutup Nowela.



Simak Video "Nowela Sudah Kembalikan Uang Bayaran Manggung di Acara DNA Pro "
[Gambas:Video 20detik]
(pig/wes)