Oscar Lawalata: Panggil Aku Asha!

Mauludi Rismoyo - detikHot
Selasa, 01 Sep 2020 08:25 WIB
Oscar Lawalata transgender
Oscar Lawalata: Panggil Aku Asha! Foto: YouTube
Jakarta -

Oscar Lawalata menyatakan dirinya sebagai transgender. Oscar Lawalata pun kini punya nama baru.

Di Channel YouTube The Lawalatas, Oscar Lawalata mengungkap identitas barunya tersebut. Ia mengaku namanya ganti jadi Asha Smara Darra.

"Nama baru saya Asha Smara Darra. Asha itu artinya hope. Smara itu artinya cinta dan Darra itu artinya pohon yang kuat," ujar Oscar dalam video.

Oscar Lawalata mempersilakan netizen untuk memanggilnya apa saja. Namun, ia akan senang sekali kalau dipanggil nama barunya.

"Kalau orang memanggil saya Asha saya senang. Tapi mereka sudah terlanjur mengenal saya Oscar it's okay. Karena in the end sayanya nggak berubah. It's only a name gitu," ucap Oscar.

Lebih lanjut, Oscar Lawalata bercerita soal perjuangannya diterima oleh ibunya dan adiknya, Mario Lawalata, saat memutuskan menjadi perempuan. Ia mengatakan mereka butuh waktu bertahun-tahun menerima keadaan tersebut.

"Memang tidak waktu saya bercerita ke mama saya dan Mario itu nggak langsung oh oke, we are understand, nggak begitu. Mereka banyak pertanyaan-pertanyaan, emang kenapa? Memang harus begini? Memang harus begitu? Gitu. Dan itu perlu tahunan. Lama untuk sampai mengerti di satu titik bahwa saya wanita," tutur Oscar.

Oscar Lawalata lalu berbagi kisah bagaimana dirinya merasa seperti wanita. Sampai akhirnya ia tenang setelah mempelajari terkait transgender.

"Dari saya usia 17 tahun, dari remajalah sampai saya umur 35 tahun, itu saya hanya berpikir bahwa ya udah saya unik and I feel I'm more woman in my heart. Tapi itu nggak terlalu saya selami karena ya udah saya sibuk sama diri saya. Sampai di 5 tahun itu saya mulai berpikir bahwa oke apa sih itu transgender? Gitu. Baru saya pelajari dan saya mulai mengerti dan saya lebih tenang karena saya merasa bahwa ah so this is me gitu," kata Oscar.

Oscar Lawalata kemudian punya alasan mengapa baru sekarang menyatakan diri sebagai transgender. Sebab ia juga butuh keberanian untuk mengungkap hal tersebut ke publik.

"Ya salah satu tujuan saya juga lebih kepada sebenarnya saya berbicara sama diri saya sendiri itu poin satu, bahwa saya juga dalam hidup ini sebaiknya tidak perlu ada yang ditutup-tutupi apalagi saya termasuk public figure, orang melihat saya," ujar Oscar.

Oscar Lawalata berharap pengakuannya menjadi transgender bisa diterima masyarakat luas. Ia juga meminta mereka semua untuk tak tabu melihat masalah tersebut.

"Dan banyak teman-teman di Indonesia ini yang mengalami perjalanan hidup seperti saya. Nah itu yang mungkin saya mau berbagi juga, di usia saya yang sudah umur ini dengan berbagi ya setidaknya kita bisa memberikan sumbangsih dalam pikiran, pengalaman perjalanan hidup, terutama suatu yang dilihat tabu ini," tutur Oscar.

Tonton video "Jadi Wanita, Oscar Lawalata Minta Dipanggil Asha"

[Gambas:Video 20detik]



(mau/wes)