5 Poin Pengakuan Oscar Lawalata Jadi Transgender

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 16 Agu 2020 21:37 WIB
Oscar Lawalata transgender
Oscar Lawalata mengaku transgender / Foto: YouTube
Jakarta -

Oscar Lawalata menjadi sorotan belakangan. Hal ini terkait identitas seksualnya yang sempat diungkapkan oleh sang ibu, Reggy Lawalata.

Oscar Lawalata kini buka suara soal identitas dirinya tersebut. Dirinya mengaku sebagai transgender dan itu dikatakannya sudah ia rasakan sejak kecil.

Panjang lebar mengungkapkan tentang itu semua di channel YouTube The Lawalatas, berikut poin-poin pengakuan Oscar Lawalata menjadi transgender:

1. Feminin sejak kecil

Oscar Lawalata menyadari dirinya berbeda sejak kecil. Ia pun mendeskripsikan pribadinya sebagai sosok yang unik dan tak dapat ditebak. Termasuk dalam soal pemikiran.

"Cara berpikir saya itu tidak pada umumnya. Kalau ditanya bagaimana, saya sendiri tidak tahu ya. Karena jiwa itu sudah ada di dalam situ," kata Oscar.

2. Pergulatan batin dan pergulatan dengan keluarga

Keadaannya yang berbeda sejak kecil membuat keluarga tak mudah menerima Oscar Lawalata begitu saja. Ia mengatakan, dari luar keberadaan ia dengan sang ibu bersama adiknya memang tampak harmonis.

"Perjalanannya nggak seperti itu. Ada prosesnya sampai saling mengenal satu sama lain," ungkap Oscar Lawalata.

Ia mengalami penilaian-penilaian yang sulit diterima meski keluarganya mengaku menerima keadaan dirinya yang berbeda sebagai lelaki yang feminin.

"Mereka akhirnya selalu keluar kata, kita terima kamu. Tapi kadang kita nggak ngerti lo itu apa?" ungkap Oscar.

Meski terasa sakit didengar, sepanjang ia berusaha terbuka dengan identitasnya, Oscar Lawalata berusaha memahami bahwa segala penilaian yang dulu ia terima adalah kejujuran dari keluarganya. Bukan hal mudah bagi Oscar dapat bersama-sama dengan keluarganya sampai saat ini. Terlebih sang ibu, Reggy Lawalata mengatakan beberapa waktu lalu, ia dan Oscar sempat perang dingin karena pengakuan Oscar soal dirinya yang tak seperti lelaki kebanyakan.

"Apa sih yang akhirnya saya bisa kuat dan bisa terus berkomunikasi dengan mereka, karena saya melihat mereka cinta pada saya. Itu aja yang saya pegang," ungkap Oscar.

3. Memilih sebagai transgender

Oscar Lawalata mengungkapkan manusia tak seperti makhluk hidup lainnya. Identitas manusia pun dinilainya dilihat dari proses hidup yang dijalani.

Oscar Lawalata menyebut dirinya adalah seorang transgender. Hal ini ia ketahui sejak ia kecil dan kemudian diafirmasi dari pengetahuan yang ia pelajari 5 tahun lalu.

"Saya tahu dari kecil saya transgender. Tapi setelah saya memperlajari lima tahun lalu siapa saya, dari situ saya tahu saya transgender," tuturnya.

Oscar mengatakan selama ini banyak orang menilai transgender maupun gay atau lesbian dan waria adalah sama. Ia menyebut masing-masing berbeda.

4. Pandang cinta dan menikah berbeda

Pandangan berbeda juga dipegang oleh Oscar Lawalata soal pernikahan dan cinta. Ia menyebut menikah hanya label dan pengesahan secara formal di atas kertas dalam sebuah hubungan.

"Nikah itu kertas ya. Clear, secara harta, gono-gini, nafkah dan sebagainya jadi dia ngerasa aman. Tapi kalau untuk saya, kalau orang benar-benar cinta sama saya, saya nggak perlu amankan dia," ungkap Oscar.

Ia pun memegang prinsip cinta murni seperti genggaman pasir di tangan.

"Buat saya, cinta itu seperti pasir. Makin kuat digenggam lama-lama pasirnya habis. Tapi kalau ditaruh di tangan, ya udah dia nggak akan ke mana-mana," tuturnya.

5. Oscar Lawalata pilih dipanggil dengan namanya

Sejak dulu Oscar Lawalata senang berpakaian seperti perempuan kemanapun ia pergi. Tak sedikit yang memanggilnya dengan sapaan terhadap perempuan seperti 'Mbak' atau 'Bu'.

Perihal soal sapaan yang diterimanya kala berada di tempat umum, Oscar Lawalata tak membatasi atau menginginkan dirinya disapa dengan sebutan khusus dari salah satu gender.

"Kalau tanya prefer memanggil saya apa, panggil saya nama aja, atau panggil saya Kak," tukas Oscar Lawalata.



Simak Video "Jadi Transgender, Oscar Lawalata Sudah Operasi Kelamin?"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/wes)