Adele Dibully Usai Tampil Berbikini Motif Bendera Jamaika

Asep Syaifullah - detikHot
Senin, 31 Agu 2020 19:12 WIB
Adele
Adele. Dok. Instagram
Jakarta -

Adele kecewa karena acara tahunan bertajuk Notting Hill Carnival yang diadakan di London itu digelar secara online. Ia pun mengunggah foto lamanya kala menghadiri acara tersebut pada tahun lalu.

Dalam foto yang diunggahnya di instagram, Adele tampil seksi dengan mengenakan bikini bermotif bendera Jamaika dan gaya rambut Bantu Knots yang merupakan khas Afrika. Niatnya untuk menyebarkan keseruan dalam acara tersebut, ternyata disambut dengan berbeda.

[Gambas:Instagram]



"Kebahagiaan yang mungkin terjadi di Notting Hill Carnival di London tercintaku," tulisnya.

Hal itu pun malah jadi bahan bully oleh para netizen, khususnya di Twitter. Penampilan Adele dianggap menghina budaya Afrika karena tak menggunakannya dengan tepat dan dijuluki sebagai culture appropriation.

"Tolonglah para masyarakat kulit putih, jadilah dirimu sendiri dan hentikan melakukan culture appropriation. Bantu knot yang digunakan Adele sungguh tak penting. Atasan bermotif bendera Jamaika juga tak penting... Tolong hentikan hal ini," tulis lainnya.

"Adele adalah ratuku namun harusnya ia tahu. Ia terlihat lebih baik dengan gaya rambut biasanya... Kau tak hitam ataupun warga Jamaika, jadi kenapa?" tulis netizen.

Bantu knots sendiri adalah gaya rambut yang sudah digunakan oleh orang-orang suku Zulu di Afrika Selatan sejak beberapa abad lalu. Hal itu pun dianggap sebagai salah satu warisan budaya masyarakat kulit hitam.

Hal serupa juga sempat terjadi pada penyanyi asal Indonesia yakni Agnez Mo. Ia sempat mengunggah foto dirinya tampil dengan gaya rambut kepang atau yang dikenal dengan cornrow dan warna kulitnya pun sedikit lebih gelap.

Hal ini pun dikritik oleh para netizen dan menuding jika dirinya itu terlalu meniru gaya wanita Amerika-Afrika.

"Sayangku @agnezmo kami bangga dengan kesuksesanmu tapi kita perlu bicara tentang ekploitasi budaya kulit hitam (tidak, kamu bukan bagian dari kulit hitam hanya karena kamu tinggal di negara yang sama dengan orang-orang Papua) dan mempermalukan kami dengan mengenakan kepang di depan Megan Thee Stallion," tulis netizen.



Simak Video "Duka Agnez Mo atas Tewasnya George Floyd yang Dibunuh Polisi AS"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)