Berbagi di Ulang Tahun ke-69, Kak Seto Nyamar Jadi Pemulung

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Senin, 31 Agu 2020 15:27 WIB
Kak Seto dan Cassandra Lee
Ulang tahun, Kak Seto berbagi dengan cara yang lain. Foto: ist.
Jakarta -

Siapa sih yang nggak kenal dengan Seto Mulyadi atau yang akrab disapa dengan panggilan Kak Seto? Pria yang tak lain adalah aktivis perlindungan anak itu baru saja berulang tahun ke-69 tahun.

Berulang tahun pada 28 Agustus 2020, ada satu kegiatan yang selalu dilakukan Kak Seto. Kegiatan itu adalah Kak Seto yang selalu berbagi kepada sesama.

Tapi kali ini kegiatan berbagi kepada sesamanya itu dilakukan dengan cara berbeda. Tidak ingin diketahui siapa dirinya, Kak Seto memakai baju compang camping saat mendatangi orang.

Ternyata kegiatan seperti ini selalu dilakukan Kak Seto di setiap tahun.

Kak Seto dan Cassandra LeeKak Seto diberikan kejutan di ulang tahunnya. Foto: ist.

"Saya keliling ke perkampungan sekitar Ciputat. Sebenarnya saya selalu begini di 4 April cuma kebetulan kemarin belum berani keluar. April itu pertama kali diangkat jadi guru di TK Pak Kasur," kata Kak Seto saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

"Ini nostalgia, 50 tahun lalu saya tuh pemulung di Mayestik. Ini baju kebesaran saya 50 tahun lalu. Saya masuk ke Jakarta itu dulu nggak punya teman nggak punya saudara," sambung Kak Seto lagi.

Saat tinggal di Jakarta, Kak Seto mengatakan betapa susahnya mencari uang di sini. Ia pun sempat bekerja apa saja untuk bertahan hidup di Jakarta.

"Saya pikir gampang hidup di Jakarta, tapi ternyata saya salah. Jadi yaudah saya benar-benar harus dari bawah betul-betul," ucapnya lagi.

Tidur di emperan pasar sampai jadi office boy juga pernah dilakoni Kak Seto saat pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta.

"Jadi pemulung, jadi kuli panggul dan kemudian naik pangkat jadi office boy," terang Kak Seto.

Di hari ulang tahunnya kemarin, Kak Seto juga merilis buku Catatan 50 Tahun Mengabdi di Dunia Anak.

"Saya mencoba memperingati ini karena periode, tiap 10 tahun kami mengeluarkan karya-karya yang berhubungan dengan perlindungan anak. Pada kesempatan ini saya mengeluarkan buku catatan 50 tahun pengabdian saya di dunia anak. Beberapa isinya tulisan saya sudah terbit di media," tuturnya.

Tak hanya itu, di hari ulang tahunnya kemarin Kak Seto juga mendapatkan hadiah spesial. Yakni mendapatkan penghargaan dari MURI sebagai tokoh yang konsisten memperhatikan anak Indonesia selama 50 tahun.



Simak Video "Jika Anak Anda Berteriak 'Anjay!'"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/dar)