Wawancara Eksklusif

Berkulit Gelap, Kirana Larasati Tak Setuju Cantik Harus Putih

Pingkan Anggraini - detikHot
Rabu, 26 Agu 2020 14:56 WIB
Kirana Larasati saat ditemui di kawasan Trans TV.
Kirana Larasati tidak malu berkulit gelap. Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Artis Kirana Larasati memang kerap melakukan perjalanan jauh ke beberapa pulau dan luar negeri seperti yang dilihat pada Instagramnya.

Perjalanan itu memang membuat kulit Kirana mudah menjadi gelap. Hal itu diungkapkan Kirana pada detikcom belum lama ini.

Mengenai hal itu, Kirana mengaku tak masalah. Ia merasa baik-baik saja dengan warna kulitnya yang cenderung gelap akibat sering melakukan perjalanan di bawah sinar matahari.

"Dulu waktu otak aku masih tercuci dengan 'putih itu cantik', aku terganggu. Sekarang aku sudah tau, udah bisa terima, sudah bisa tidak mau di perbudak 'putih itu cantik'. Aku sekarang sudah tidak malu dengan kulit aku," ujar Kirana.

Dijelaskan Kirana, warna kulitnya memang sedari lahir tidak cerah. Warna kulit Kirana memang cenderung gelap dan dianggap tak merubah penampilannya.

Kirana kini mengaku sangat percaya diri dengan keadaan tubuhnya saat ini. Baginya, keinginan perempuan tampil cantik dengan warna kulit yang cerah hanya membantu keberhasilan kaum kolonialisme.

"Aku ini kulit kalau dibilang itu kulit tipe empat, warnanya olive. Aku nggak pernah mengelupas tapi langsung cepet gelap. Ya sudah, apa aku jadi jelek? kan nggak," jelasnya.

"Itu cuma pandangan-pandangan kecil yang sudah mendarah daging karena kita ini korban dari kolonialisme. Jadi ya sudah kita nggak malu dan kita sama-sama kasih tau kalau kulit kita ini ya begini, kita nikmatin aja anungerah kita," lanjutnya.

Meski begitu, Kirana Larasati tak serta merta tak peduli dengan kesehatan kulitnya. Ia kerap melakukan perawatan atau memberikan pelembab kulit agar terhindar dari bahaya pancaran sinar matahari.

Hal ini juga menjadi tips dari Kirana untuk tetap mendapatkan kulit sehat meski tak secerah model.

"Agak mikirin soal kulit. Tapi gini, itu adalah efek matahari yang tidak bagus. Tapi bukan berarti jadi nggak main kan. Nah efek matahari yang nggak bagus itu emang harus kita lawan. Pakai sun screen, terus tidak nantangin matahari juga," jelas Kirana.

"Ya kita pakai lotion, konsumsi makanan yang baik, minum air mineral, kaldu. Ya jadi kita jaga aja badan kita," sambungnya.

Selain itu, untuk bagian wajah Kirana sering melakukan perawatan khusus sehabis pulang dari bepergiannya. Hal ini juga untuk mengatasi bahaya dari paparan sinar matahari.

"(Perawatan wajah) Ada sih, aku biasa laser muka. Aku biasanya nggak pakai make up. Nah biasanya kalau itu aku laser supaya ngilangin bekas-bekas kena sinar matahari," tutup Kirana Larasati.



Simak Video "Jakarta Banjir, Kirana Larasati Repot Antar Anak Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dar)