Psikolog Nilai Zara Adhisty Khilaf dan Harap Tak Terus Dibully

Pingkan Anggraini - detikHot
Sabtu, 22 Agu 2020 12:02 WIB
Zaki Pohan & Zara Adhisty
Zara Adhisty dinilai khilaf soal video viral. (Foto: dok. Instagram Zaki Pohan)
Jakarta -

Baru-baru ini dunia hiburan Tanah Air tengah digemparkan oleh video mirip Zara Adhisty yang dianggap tak pantas oleh publik tersebar di media sosial.

Mantan member JKT48 itu kemudian mendapat perundungan dari warganet yang terus menyerang media sosialnya. Bukan hanya Zara saja, media sosial ibu dan kakaknya pun ikut terseret dan menjadi wadah warganet untuk mencacinya.

Hal ini kemudian disorot oleh Kasandra Putranto selaku psikolog. Bagi Kasandra, perundungan yang terjadi pada artis oleh warganet dianggap tidak lazim.

Terkait dengan kasus Zara, hal ini pun dimaklumi Kasandra. Kondisi mental Zara yang saat ini tengah dirundung pun dipastikan merasa tertekan.

"Menurut saya, masyarakat Indonesia belum matang, sehingga belum mampu mengendalikan dorongan dari dalam diri," ujar Kasandra pada detikcom baru-baru ini.

"Zara sendiri tentu masih di bawah umur. Jika khilaf, memang masih dapat dipahami. (Mental Zara) Pasti tertekan," sambungnya.

Bagi Kasandra Putranto, keterbatasan pengetahuan hingga dorongan emosi yang tak terkendali menjadi faktor utama oknum-oknum melakakukan perundungan. Hal ini terjadi pada warganet yang selalu memberikan kata-kata cacian untuk public figure.

"Ya bukan dengan membully, kan. Bukan mendidik namanya," jelasnya.

"Ya itulah masalahnya, dengan keterbatasan pengetahuan dan pengendalian emosi, cenderung lebih mudah terjebak dalam perilaku melanggar norma," tuturnya.

Selain itu, Kasandra Putranto juga turut menjelaskan akibat terparah dari korban perundungan. Korban bahkan dapat mengalami trauma cukup parah dan akan terjadi dalam waktu lama.

"(Mental korban) Umumnya mengalami trauma yang akan terbawa untuk waktu yang lama," tutup Kasandra.

Zara Adhisty saat ini belum bisa berkomentar banyak soal video viral yang diduga dirinya diremas bagian payudara oleh kekasihnya, Zaki Pohan. Ia meminta privasinya dihargai.

"Halo, Kak, ini Zara. Tolong jaga privasi aku juga, ya, Kak. Karena keluargaku juga butuh waktu, terima kasih," ujar Zara lewat sambungan telepon di Selebrita Trans 7.



Simak Video "Postingan Adem Kakak Zara Adhisty di Instagram"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/mau)