Mengaku Transgender, Oscar Lawalata Siap Diusir dari Rumah

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 16 Agu 2020 21:12 WIB
Oscar Lawalata
Oscar Lawalata mengaku transgender / Foto: Dok. Galeri Indonesia Kaya
Jakarta -

Oscar Lawalata buka suara soal identitas dirinya sebagai transgender. Bukan keputusan mudah bagi Oscar untuk memberi pengakuan tersebut terlebih terhadap keluarganya.

Oscar pun kilas balik ke masa lalu saat dirinya menjelaskan tentang hal ini. Hal itu ia sampaikan lewat channel YouTube The Lawalatas. Ia sadar tak semua orang akan dapat menerima tentang pengakuan diri yang ia sampaikan. Hal itu juga ia sadari tak akan dengan mudah akan diterima oleh keluarganya.

"Karena kalau kita mau menyenangi semua orang itu nggak mungkin. Tapi kita tahu bahwa kita mau berbuat baik. Poinnya untuk saya dan itu menjadi kekuatan saya," buka Oscar Lawalata.

Ia pun mempersiapkan diri dan mentalnya ketika akhirnya memutuskan membuka dirinya yang sejak kecil sudah diamati sang ibu, Reggy Lawalata berbeda.

"Pada waktu saya mau cerita sama keluarga saya landasan berpikir saya adalah kalau gue diusir, gue siap. Kalau mereka nggak terima gue siap. Tapi gue nggak akan benci mereka karena mereka belum mengerti," urai salah satu desainer berbakat di Indonesia ini.

Oscar Lawalata memahami, tak semua orang memiliki pemikiran yang terbuka. Dirinya pun enggan menghakimi tiap-tiap pemikiran yang tak akan dapat memahami pilihan identitas yang ia putuskan sebagai seorang transgender.

"Aku cuma berharap suatu hari mereka akan mengerti, dan itu kita jadi lebih peaceful ngejalanin hidup," tuturnya lagi.

Beberapa waktu lalu, sang ibu, Reggy Lawalata mengungkapkan bagaimana dirinya dulu bingung melihat keadaan anak sulungnya tersebut. Berusaha menampik bahwa Oscar memiliki sisi feminin, Reggy sempat meminta Oscar membiasakan diri dengan hal-hal berbau maskulin.

"Dulu kalau Mario basket, saya sering minta Oscar untuk ikut juga," ungkap Reggy Lawalata.



Simak Video "Jadi Transgender, Oscar Lawalata Sudah Operasi Kelamin?"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/wes)