Ayah Meninggal Positif Corona, Khalid Basalamah Antar Sampai Gerbang Makam

Desi Puspasari - detikHot
Minggu, 09 Agu 2020 11:00 WIB
Khalid Basalamah
Foto: Khalid Basalamah (dok. YouTube)
Jakarta -

Kemarin, ayahanda Ustaz Khalid Basalamah, KH Zeed Abdullah Basalamah meninggal dunia. KH Zeed meninggal dunia di RSUP Wahidin Sudirohusodo, Makassar.

Dalam postingan Instagram Sahabatkhb, ustaz Khalid Basalamah terlihat juga mengantarkan jenazah sang ayah ke pemakaman. Ustaz Khalid Basalamah terlihat menggunakan masker dan face shield.

Ustaz Khalid Basalamah yang hanya bisa mengantar sampai di gerbang pemakaman menyampaikan doa dan ungkapan hatinya. Ayahanda Ustaz Khalid Basalamah meninggal dunia dan dinyatakan terpapar COVID-19.

"Assalammualaiakum Warrahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah washolatu wassalamu alla rasulillah. Salah satu yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW pada saat kita mengantarkan jenazah yaitu kita menjelaskan tentang hadis prosesi kematian itu sendiri," ucap Khalid Basalamah dalam video tersebut dilihat, Minggu (9/8/2020).

Khalid Basalamah berdiri di depan mobil ambulance yang membawa jenazah sang ayah. Ustaz Khalid Basalamah terlihat tenang dan menjelaskan cerita tentang bagaimana ajaran Nabi Muhammad SAW saat mengantar jenazah.

"Ayah kami meninggal juga di hari Jumat dan kita tahu sama-sama hari Jumat adalah hari yang mulia dan salah satu keutamaannya kalau meninggal hari Jumat akan selamat dari siksa kubur. Kemudian juga meninggal dalam keadaan COVID maka ini juga insyaallah pendapat ulama umumnya mati syahid, semoga Allah mengabulkan dari beliau. Amiin," doa Khalid Basalamah.

Pemakaman jenazah KH Zeed Abdullah Basalamah dimakaman dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19. Karena adanya prosedur itu, Ustaz Khalid Basalamah yang menggunakan hodie hitam tidak bisa ikut mengurus jenazah.

"Tapi Alhamdulillah sebagai orang beriman kita bersyukur kepada Allah SWT atas semua takdirnya jadi kita menerima semua cobaan baik takdir yang baik maupun buruk karena itu adalah rukum iman kita. Sebagaimana kita bersyukur akan nikmat maka kita juga bersabar akan cobaan," ungkapnya.

Ustaz Khalid Basalamah bersyukur dengan begitu pemakaman sang ayah langsung disegerakan. Semua itu sudah sesuai dengan sunah nabi.

"Alhamdulillah Allah juga memudahkan kita malam ini Sesuai sunah nabi SAW termasuk penghormatan kepada jenazah untuk segera memakamkannya. Alhamdulillah setelah saya bicara prosedurnya memang harus segera dimakamkan," sambung Ustaz Khalid Basalamah.

[Gambas:Instagram]

Ustaz Khalid Basalamah juga menekankan sebagai salah satu dari ahli waris sang ayah akan berusaha menyelesaikan hal-hal yang harus disegerakan setelah sang ayah meninggal dunia. Khalid Basalamah mengingatkan untuk semua pihak yang masih punya sangkut paut utang piutang dengan sang ayah, diharapkan bisa segera menghubungi dirinya dan pihak keluarga.

"Kalau ada sesuatu yang salah dari perkataan ayahanda kami, ada sangkut paut utang piutang atau hak-haknya yang belum selesai, silakan datang ke alamat kami. Insyaallah kami ahli waris kami akan menyelesaikan segera," tukasnya.

Ustaz Yusuf Mansur pun menyampaikan ungkapan bela sungkawa dan doa untuk Ustaz Khalid Basalamah dan keluarga.

"Mksh ustadz Jibril, atas info duka ini. Semoga ayahanda dari Ust Khalid Basalamah, husnul khatimah. Dan banyak dapet kebaikan dari seluruh dakwah anak keturunannya hingga akhir zaman.

Mari kita doakan beliau ya kwn2...," tulis Ustaz Yusuf Mansur.

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Sentuhan Cita Rasa Tradisional dalam Sajian Timur Tengah"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dal)