Round Up

Penegasan Ahok soal Yosafat Bukan Anak Haram

Tim detikhot - detikHot
Sabtu, 08 Agu 2020 22:49 WIB
k
keluarga ahok dan puput Foto: instagram
Jakarta -

Polisi menangkap dua orang EJ (47) dan KS (67), tersangka pencemaran nama baik terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (6/8), menjelaskan kedua tersangka ini adalah fans dari Veronica Tan.

Keduanya tergabung dalam grup WhatsApp 'Voice of Women' yang kemudian diubah namanya menjadi 'Voice of Vero'. Tersangka EJ adalah pemilik akun @an7a_679, tetapi belakangan sebelum tertangkap, ia mengubah nama akun menjadi @vero_the_pheonix. EJ ditangkap di Medan, Sumatera Utara, pada 30 Juli 2020.

Yusri menambahkan grup WhatsApp tersebut beranggotakan 10 orang yang merupakan fans Veronica Tan. EJ adalah admin dari grup WhatsApp tersebut.

Ahok melaporkan orang-orang itu karena begitu kesal dengan fitnahnya. Ia menjelaskan mengenai tudingan yang dilancarkan kepadanya.

Kepada detikcom, Ahok mengungkapkan salah satunya soal sang anak, Yosafat. Ia adalah buah cinta dari istri yang sah, yaitu Puput Nastiti Devi.

Ahok menjelaskan dirinya menikah dengan Puput setelah bercerai dari Veronica Tan. Fitnah itu juga yang akhirnya jadi salah satu alasan Ahok menempuh jalur hukum.

"Situasi serba susah, karena kalau (pelaku) tidak diproses hukum, semua fitnah mereka dianggap benar oleh publik. Jika hukum yang menyatakan mereka fitnah, (maka) itu menjadi jelas bahwa Puput bukan pelakor, Yosafat juga bukan anak haram," kata Ahok dalam keterangan yang disampaikan via pesan singkat kepada detikcom.

"Dan mama saya juga bukan ibu kandung yang nggak benar karena membiarkan saya bercerai dengan Vero dan menikah dengan Puput," kata Ahok.

Fitnah Puput Nastiti Devi disebut sebagai perebut laki orang atau pelakor disampaikan beberapa orang di Instagram.

detikcom mengkonfirmasi kepada pengacara Ahok, Ahmad Ramzy, soal unggahan apa yang dipersoalkan oleh Ahok. Ramzy lalu mengirimkan tangkapan layar akun Instagram yang dimaksud.

Salah satu tangkapan layar yang dikirimkan adalah milik akun @ito.kurnia. Di posting-annya, ada yang menyandingkan foto istri Ahok, Puput Nastiti Devi, dengan foto monyet.



Simak Video "Dua Tersangka Penghina Ahok Tak Pernah Bertemu, Cuma Chatting"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)