5 Catatan Klarifikasi Anji soal Obat Corona dan Hadi Pranoto

Desi Puspasari - detikHot
Jumat, 07 Agu 2020 15:38 WIB
disebut plagiat anji marah besar
Lima catatan penting dari klarifikasi Andi soal Hadi Pranoto Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Setelah beberapa hari bungkam, Anji akhirnya buat klarifikasi soal videonya dengan Hadi Pranoto yang memancing kegaduhan. Video obrolan soal temuan obat Corona Hadi Pranoto yang ditayangkan dalam channel YouTube Anji menuai pro dan kontra.

Dalam klasifikasinya, ada lima pernyataan Anji yang harus digarisbawahi:

1. Tidak Kenal Dekat Hadi Pranoto

Anji mengaku sebenarnya dia tak mengenal dekat Hadi Pranoto. Anji pertama kali kenal Hadi Pranoto saat sama-sama menghadiri acara di Pulau Tegal Mas pada 29 Juli 2020.

"Saya belum mengenal Bapak Hadi Pranoto sebelumnya," kata Anji.

Anji tertarik mewawancarai Hadi Pranoto karena melihat pria tersebut diwawancarai oleh media.

Kebetulan saat itu ada acara yang juga dihadiri oleh Bapak Hadi Pranoto. Seusai makan siang diwawancarai oleh beberapa media.

Anji yang tertarik dengan materi temuan obat Corona Hadi Pranoto meminta waktu untuk juga wawancara.

2. Cari Informasi Hadi Pranoto di Google

Anji mendengar dan melihat secara langsung dari lokasi, Hadi Pranoto dipanggil Prof. Tidak cuma oleh wartawan yang saat itu mewawancarainya, tapi juga semua orang yang hadir pada acara malam itu.

"Disebutkan Bapak Hadi Pranoto dengan sebutan Prof. Semua orang yang ada di sana juga memanggil Bapak Hadi Pranoto dengan Sebutan Prof," jelas Anji.

Dia akhirnya mencari informasi tentang Hadi Pranoto melalui Google.

"Lalu Saya mulai mencari berita tentang Bapak Hadi Pranoto di Google. Dan, menemukan sebelumnya sudah ada pemberitaan tentang Hadi Pranoto dan juga temuannya di media-media sejak April 2020," tukasnya.

3. Anji Tidak Menyatakan Temuan Hadi Pranoto adalah Obat Corona

Anji menegaskan dirinya tidak menyebutkan herbal temuan Hadi Pranoto adalah obat Corona.

"Di dalam video itu saya bertindak sebagai interviewer, sebagai penanya. Saya juga tidak menyatakan bahwa herbal yang disebutkan adalah obat. Tetapi, itu adalah pernyataan dari Bapak Hadi Pranoto sendiri," kata Anji.

4. Anji Kaget Status Hadi Pranoto dan Pernyataannya Tidak Valid

Anji ternyata juga kaget mengetahui pernyataan Hadi Pranoto membuat heboh tenaga medis. Anji mengatakan dirinya sudah mempertanyakan soal status dan bagaimana Hadi Pranoto bisa menemukan herbal itu.

"Saya terkejut, ketika mendapatkan informasi bahwa ternyata beberapa hal yang berkaitan dengan status Bapak Hadi Pranoto dan juga pernyataan-pernyataannya itu ternyata tidak valid," kata Anji.

5. Tidak Niat Menyinggung Dunia Kedokteran

Sadar yang dibicarakannya dengan Hadi Pranoto menuai pro dan kontra, Anji mengaku tak pernah niat menyinggung dunia kedokteran.

"Saya tidak pernah berniat menyinggung dunia kedokteran maupun tenaga kesehatan. Saya sebagai salah seorang warga masyarakat Indonesia merasa bahwa ada harapan untuk melalui pandemik ini dari apa yang disampaikan oleh Hadi Pranoto," jelas Anji.

Anji memposisikan dirinya sebagai masyarakat biasa yang optimis pandemi Corona bisa dilewatkan. Pernyataan Hadi Pranoto dianggap Anji adalah salah satu hal untuk bisa melewati pandemi Corona.

"Apalagi dia juga bilang, tidak akan memperjualbelikan herbal temuannya dan juga akan memberikan secara gratis kepada masyarakat," tukasnya.



Simak Video "Polisi Akan Panggil Hadi Pranoto Lagi untuk Lanjutkan Pemeriksaan"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)